Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada Minggu (7/5) pagi ini akan menghadiri Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Presiden menghadiri Pembukaan Pekan Nasional Petani Nelayan XV Tahun 2017, di Stadion Harapan Bangsa, Gampong Lhong Raya, Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu (6/5) siang.

Tepat pukul 17.28 WITA, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan rombongan mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan setelah menempuh perjalanan selama 3 jam 20 menit dari Banda Aceh. Di Bandara Syamsudin Noor, Presiden dan Ibu Negara Iriana berganti pesawat dengan Pesawat Kepresidenan RJ-85 untuk melanjutkan perjalanan menuju Bandara Bersujud, Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan tiba di Bandara Bersujud pada pukul 18.17 WITA setelah menempuh perjalanan selama 20 menit dari Bandara Syamsudin Noor.

Presiden hari ini akan mengikuti Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi dan menyerahkan hutan rakyat di Kalimantan Selatan. Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan, dari Pantai Pagatan, Presiden dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Batulicin, Tanah Bumbu untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Dari Banjarbaru, menurut Bey, perjalanan dilanjutkan menuju Bajuin, Tanah Laut, Kalimantan Selatan dengan menggunakan kendaraan mobil.

“Di sini, Presiden akan menyerahkan hutan desa, hutan tanaman rakyat, dan hutan kemasyarakatan,” ungkap Bey.

Sore harinya, Presiden akan menyerahkan sertifikat tanah di Tambang Ulang, Tanah Laut. Kemudian Presiden bersama rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja lintas nusantara ke Ternate dan Maluku Utara.