JAKARTA – Acara Forum Merdeka Barat 9 kali ini berlangsung di Auditorium Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, pemenang atlet Panjat Tebing Aries Susanti Rahayu, Aspar Jaelolo dan Puji Lestari serta Emilia Nova atlet pemenang Lari Gawang beserta pelatih Panjat Tebing yaitu Hendra Basir, Senin 4 September 2018.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken membuka acara dengan ucapan terimakasih atas prestasi para atlit saat mengikuti Asian Games 2018 ini, tidak lupa juga mengucapkan apresiasi terhadap kerja keras MENPORA selama acara berlangsung. “Prestasi dari para Atlet Asian Games ini sangat membanggakan dan bisa dilihat dari medali yang dicapai sangat tinggi dari yang diharapkan,” kata Niken.

Dalam kesempatan kali ini Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga mengungkapkan rasa haru serta bangga terhadap semua atlet Indonesia dalam mengikuti Asian Games dan telah meraih prestasi dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia. “Bila ada yang mengatakan itu mimpi jadi pemenang, itu tidak realistis, mereka mengatakan itu karena mereka tidak pernah jadi atlet. Para atlet ini selalu berada di medan juang saat orang lain libur di dalam hari raya seperti Idul fitri dan Natal, Mereka adalah pahlawan bangsa, pemerintah sangat mengapresiasi prestasi dan kerja keras dari para atlet ini. Maka dari itu sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah “Setiap atlet diberi hadiah langsung ke rekening masing masing diberikan langsung oleh Presuden Jokowi,” kata Imam Nahrawi


Kemenpora menggunakan APBN yang diberikan pemerintah langsung untuk membangun fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh parah atlet dan pelatih atletm serta mempenuhi kebutuhan lainnya agar para atlet bisa berlatih dengan maksimal. “Target awal berniat untuk meraih 16 medali, ternyata para atlet pejuang ini bisa meraih 30 medali. Ini adalah suatu bukti bahwa dengan dukungan fasilitas dan infrastruktur yang memadai, para atlet kita bisa berlatih secara maksimal dan meraihj prestasi,” jelas Menpora.

Para atlet Asian Games juga memberikan testimoni dan rasa syukur serta kebahagian mereka. Emilia Nova Peraih medali perak dalam cabor Lari Gawang “Saya bersyukur bisa menyumbangkan pedali perak yang membawa prestasi Indonesia. Ini pertama kalinya dari atletik lari gawang diraih oleh Indonesia. Biasanya diraih oleh Jepang”.

Atlet Panjat Tebing Puji Lestari berkata, Selama perhelatan Asian Games saya hanya mempunyai waktu satu kali dalam sebulan untuk menemui keluarga. Tantangan yang saya hadapi selama Asian Games berlatih dan berkompetitsi dengan para atlet yang jauh lebih muda daripada saya dan saya lalu saya menanamkan dalam diri saya supaya tidak mau kalah dengan para atlet yang muda. Saya bangga sekali bisa menyumbang medali emas dan perak untuk Indonesia tercinta.

“Saya memilih panjat tebing karena seblum saya mengenal dunia panjat, melihat kompetisi panjat dinding seru dan menantang,” kenang Aries. Dari situlah dirimnya merasa ingin menekuni panjat tebing. Saat ini Aries akan berusaha mempertahankan apa yang sudah diraih. Karena menurutnya perjuangan itu tidak hanya mendapatkan juara, melainkan mempertahankan prestasi lah yang susah.

Atlet Panjat Tebing Aspar Jaelolo menyatakan bahwa untuk menciptakan atlet yang berpotensi, maka harus dimulai dari semangat untuk membuat perubahan. “Spirit itu yang saya pegang. Dukungan yang luar biasa dari pelatih dan Timnas dan juga fasilitas yang berubah dari standar nasional menjadi standar Internasional memberikan peran besar,” kata Aspar.

Prestasi yang kita raih di Asian Games 2018 tidak datang begitu saja, dengan adanya sistem yang berjalan dengan baik yang datang dari pemerintahlah yang juga ikut andil dalam kesuksesan Asian Games. “Contohnya sepatu panjat yang tadinya harus mengantri berbulan bulan, dengan dukungan dari pemerintah sekarang para atlet panjat tebing memiliki sepatu yang memadai untuk latihan dan juga untuk pertandingan”. Tukas Hendra

Selaku Menpora, Imam Nahrawi mengakhiri acara ini dengan memberikan semangat pada setiap lapisan masyarakat terutama atlit. Asian Games telah menyatukan perbedaan. Dari perhelatan Asian Games Indonesia mampu membuktikan bisa menjadi menjadi tuan rumah single event atau multi event taraf Internasional. Imam mengatakan, “Indonesia sudah naik kelas dengan prestasi dari Asian Games ini. Selalu percaya bila ada kemauan selalu ada jalan.”