Bukan Jokowi kalau tidak membuat kaget wartawan. Spontanitas yang kerap dilakukan Presiden dengan nama lengkap Joko Widodo ini, membuat masyarakat termasuk wartawan yang biasa meliput dirinya terperanjat. Awal tahun, tanpa terduga, para  jurnalis Kepresidenan yang bertugas di Istana Presiden dikejutkan dengan kedatangan Jokowi  ke ruang wartawan. Inilah kunjungan perdana Jokowi sejak menjabat sebagai Presiden. Begitu datang, Jokowi mengecek makanan dan minuman yang tersedia di ruang para pewarta dari berbagai media itu. Jejeran lemari yang menjadi loker para wartawan juga menjadi perhatian Jokowi.

Setelah selesai menyisir ruangan tempat para wartawan menunggu informasi itu, Jokowi menuju toilet pria. Jokowi terperangah sambil geleng-geleng kepala melihat kondisinya berantakan. Sebelum meninggalkan press room Istana, wartawan memberikan sejumlah saran tentang perbaikan. Kurang dari lima menit, Jokowi melenggang pergi sembari berkata singkat.  “Kasih saya waktu seminggu, biar diberesin semua.”

Tidak berselang lama sekitar 15 menit, dua orang office boy datang. Mereka mengambil dispenser lama dan menggantinya dengan dispenser baru. Beberapa saat kemudian ruang wartawan diberi fasilitas tambahan berupa televisi dan komputer.

Rupanya, Jokowi menyempatkan diri untuk menyapa wartawan di ruangan mereka, sebulan sekali.

Pada kunjungannya yang kedua, Presiden mempersilakan awak media untuk bertanya berkaitan dengan isu nasional yang belum terjawab. Keterbukaannya pada wartawan dan sikap santainya membuat para wartawan juga lebih rileks. Mereka seakan lupa bahwa narasumber yang tengah berbincang dengan mereka adalah orang nomer satu di negeri ini.

Begitulah sosok Jokowi, tak berjarak dan peduli dengan wartawan yang kadang-kadang sering dilupakan oleh para pejabat pada umumnya. Kepedulian Jokowi pada wartawan kerap diidentikkan dengan pencitraan. Tapi mungkinkah pencitraan berlangsung terus menerus, konstan, dan spontan? Bahkan tak banyak media yang meliput kedatangannya karena kunjungannya yang teramat singkat.

Pada kesempatan lainnya, Jokowi membuat kaget wartawan mancanegara. Kejadian yang mengagetkan wartawan mancanegara itu terjadi ketika Jokowi di sela-sela kesibukannya yang padat dalam acara Konferensi Asia Afrika mengunjungi ruang media center. Media Center ini  tempat mangkal para peliput dari seluruh negara yang mengikuti konferensi.

Saat masuk ke ruang Media Center, awalnya tak ada yang mengetahui bahwa orang nomor  satu  di Republik Indonesia datang.

Padahal para wartawan dari berbagai negara di ruangan itu tengah sibuk menerjemahkan pidato para pimpinan negara ke bahasa masing-masing. Sontak para pewarta yang tak menyangka kedatangan itu langsung kaget dan mendekati Jokowi nyaris tanpa jarak.

Lupa bahwa mereka seharusnya memanfaatkan sesi wawancara, beberapa wartawan menyempatkan diri ber-selfie ria dengan sang presiden. Begitulah Presiden kita.