Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 13 Desember 2017, menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang digelar di Rumeli Hall Lütfi Kırdar International Convention and Exhibition Center (ICEC), Istanbul, Turki.

Tiba sekira pukul 10.52 Waktu Setempat (WS) atau pukul 14.52 WIB, Presiden Jokowi hadir bersama sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan lainnya.

Sebelum memasuki ruang pertemuan, Presiden Jokowi beserta seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan serta delegasi yang hadir melakukan sesi foto bersama.

Presiden Jokowi yang hadir menggunakan setelan jas berwarna biru dipadu dasi berwarna merah berada di barisan terdepan. Tampak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Raja Jordania Abdullah II, Emir Kuwait Sheikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, hingga Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah juga berada dalam barisan tersebut.

Dalam KTT Luar Biasa OKI kali ini, Presiden Jokowi akan menyampaikan pesan terkait sikap Indonesia yang mengecam pengakuan Amerika Serikat atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Selain itu di sela-sela KTT, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan.

Sore harinya, usai menghadiri KTT Luar Bisa OKI, Presiden Jokowi beserta rombongan akan langsung bertolak menuju Tanah Air dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemun tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Istanbul, Turki, pada Selasa, 12 Desember 2017, pukul 21.54 Waktu Setempat (WS) atau Rabu, 13 Desember 2017, pukul 01.54 WIB.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan mendarat di Bandar Udara Internasional Atatürk, Istanbul, Turki, usai menempuh penerbangan selama hampir lima belas jam.

Sebelumnya pesawat tersebut terlebih dahulu transit di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, untuk melakukan pengisian bahan bakar.

Saat turun dari pesawat, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh sejumlah pejabat tinggi Kota Istanbul dan juga Duta Besar Indonesia untuk Turki Wardana.

Begitupun saat tiba di hotel tempatnya bermalam, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah terlebih dahulu berada di Istanbul.

“Ini adalah kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Trump yang mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel,” ucap Presiden dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sesaat sebelum keberangkatan menuju Istanbul.