Presiden Joko Widodo siang ini, Jumat, 27 April 2018, bertolak menuju Singapura untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN.

Dalam KTT ke-32 ASEAN kali ini, Presiden Jokowi bersama para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN lainnya akan membahas berbagai kerja sama dan isu yang berkembang di kawasan hingga internasional.

Salah satunya adalah terkait pengembangan smart city dengan fokus pada infrastruktur, pembangunan manusia, dan keamanan siber. Selain itu, para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN juga akan berupaya memajukan konsep kerja sama Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan inklusif.

Presiden Jokowi juga akan menghadiri KTT ke-11 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). KTT ini digelar untuk mendorong kesejahteraan rakyat ketiga negara beserta kawasan.

Pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan Presiden Myanmar dan Perdana Menteri Vietnam juga telah dijadwalkan di sela-sela kegiatan KTT ASEAN kali ini.

Presiden beserta rombongan direncanakan kembali ke Tanah Air pada Sabtu petang, 28 April 2018. Presiden pun berharap KTT ASEAN yang mengambil tema “Resilient and Innovative ASEAN” ini akan menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Tepat pukul 13.50 WIB, Kepala Negara beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Tampak melepas keberangkatan Presiden ke Singapura, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Singapura adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Singapura untuk mempersiapkan kedatangan Presiden Jokowi sekaligus menghadiri pertemuan tingkat menteri dalam rangka KTT ASEAN.

Tiba di Singapura

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN.

Setibanya di Singapura, sejumlah agenda telah menanti Presiden Jokowi. Salah satunya adalah pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Persatuan Myanmar Win Myint, di Ruang Bilateral 1, Hotel Shangri-La, Singapura.

Setelahnya, Presiden Jokowi juga akan menghadiri jamuan santap malam yang digelar Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, untuk para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN, di The Istana, Singapura.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Kepala Negara beserta rombongan tiba pada pukul 16.25 Waktu Setempat (WS) atau sekitar 15.25 WIB.

Kedatangan Presiden langsung disambut sejumlah pejabat kedua negara, baik Indonesia maupun Singapura. Di antaranya Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, Menteri Negara Senior Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Republik Singapura Dr. Mohamad Maliki Bin Osman, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya, serta Atase Pertahanan KBRI Singapura Kol. Pnb. Tjahya Elang Migdiawan.

Tak lupa, dua orang putra-putri Indonesia berpakaian adat turut serta menyambut kedatangan Presiden Jokowi di tempatnya bermalam selama berada di Singapura, seraya memberikan bunga sebagai ucapan selamat datang.

Video Kedatangan Presiden RI dan Rombongan di Republik Singapura dalam rangka Kunjungan Kerja, Singapura, 27 April 2018