Mengawali kegiatan hari kedua kunjungan kenegaraan ke Bangladesh, Minggu, 28 Januari 2018, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke National Martyrs’ Memorial di Savar, Bangladesh. Monumen ini adalah tempat mengenang para pejuang kemerdekaan Bangladesh.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di monumen tersebut pada pukul 08.30 Waktu Setempat (WS) atau 09.30 WIB dan disambut oleh beberapa pejabat dari Kementerian Pertahanan Bangladesh.

Tak berapa lama berselang, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berjalan kaki menuju tempat peletakan karangan bunga. Di tempat itu, Presiden Jokowi didampingi pasukan kehormatan meletakkan karangan bunga, untuk kemudian mengheningkan cipta selama satu menit.

Setelah meletakkan karangan bunga, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengisi buku tamu di tempat yang telah disediakan. Kegiatan di National Martryrs’ Memorial diakhiri dengan penanaman pohon Tanjung. “Bismillahirrahmanirrahim,” ucap Presiden Jokowi saat menanam pohon dan menyiramnya.

Dari National Martyrs’ Memorial, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melanjutkan perjalanan menuju Bangabhandu Memorial Museum.

Kunjungi Kediaman PM Bangladesh Pertama

Setelah mengunjungi National Martyrs’ Memorial di Savar, Minggu 28 Januari 2018, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambangi Bangabhandu Memorial Museum yang berada di Dhaka, Bangladesh. Museum ini merupakan kediaman Perdana Menteri Bangladesh pertama, Sheikh Mujibur Rahman.

Sheikh Mujibur Rahman merupakan ayah dari Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina. Sheikh Mujibur Rahman tewas terbunuh bersama keluarganya pada 15 Agustus 1975 dan dianggap rakyat Bangladesh sebagai Bapak Bangsa.

Museum ini terletak di kawasan Dhanmondi dan berisi koleksi barang-barang miliki pribadi Sheikh Mujibur Rahman termasuk sejumlah foto beliau semasa hidupnya.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di museum itu pada pukul 09.30 Waktu Setempat (WS) atau 10.30 WIB. Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh perwakilan keluarga Sheikh Mujibur Rahman.

Sebelum memasuki museum tersebut, Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga di salah satu sudut dari bagian luar museum. Setelahnya, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana melihat ruangan serta koleksi yang ada di museum tersebut.

Dari Bangabhandu Memorial Museum, Presiden Jokodan melanjutkan perjalanan menuju Kantor Perdana Menteri Bangladesh yang berada di Dhaka, Bangladesh.

Video Presiden Jokowi Mengunjungi Bangabhandu Memorial Museum di Dhaka