Presiden Joko Widodo melengkapi kunjungannya ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan blusukan ke kawasan Malioboro, pada Sabtu, 30 Desember 2017. Bersama kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menantunya Selvi Ananda, serta cucunya Jan Ethes Srinarendra, Kepala Negara berjalan-jalan menyusuri kawasan Malioboro.

Presiden yang menggunakan kaos berwarna merah berangkat dari Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta sekira pukul 19.17 WIB dengan berjalan kaki. Sontak saja kehadiran Presiden membuat terkejut para pengunjung, pedagang, maupun warga sekitar.

Alhasil di sepanjang jalan menyusuri kawasan Malioboro, Presiden tak luput dari permintaan jabat tangan dan swafoto. Bahkan, tak jarang pula masyarakat yang mengabadikan momen tersebut melalui perangkat gawai mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden sesekali bercakap-cakap dengan para pedagang kaki lima yang sedang menjajakan dagangannya. Ia juga sempat membeli tiga pasang sandal bertuliskan ‘Jogja Keren’ serta sejumlah kaos bermotif ‘Djogjakarta’.

Setelah menyusuri kawasan Malioboro selama hampir 40 menit, Presiden beserta keluarganya kembali ke Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta. Namun, kali ini Presiden memilih andong untuk mengantarkannya kembali ke Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta yang berjarak sekitar 400 meter.

Video Jalan-Jalan ke Malioboro, Yogyakarta, 30 Desember 2017