Setelah melalui proses yang matang, akhirnya Presiden Joko Widodo pagi ini melantik Pengarah beserta Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila yang selanjutnya disebut UKP PIP. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 7 Juni 2017. Diketahui sebelumnya, lembaga nonstruktural berada di bawah sekaligus bertanggung jawab kepada Presiden ini dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2017. Perpres tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2017.

Sebanyak sembilan tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai pengarah UKP PIP, yakni: Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Mahfud MD, Syafi’i Ma’arif, Ma’ruf Amin, Said Aqil Siradj, Andreas Anangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya dan Sudhamek AWS. Presiden Joko Widodo juga sekaligus turut mengangkat Yudi Latief selaku Kepala UKP PIP pada saat yang sama. Pengangkatan pengarah dan kepala UKP PIP tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 31/M Tahun 2017 tentang Pengangkatan Pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Acara pengangkatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kemudian diikuti oleh para tamu undangan yang hadir. Harapan besar tergantung di Unit Kerja ini, semoga bisa memperkuat pembinaan ideologi Pancasila dengan segera.

Video Pelantikan Pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, Istana Negara, 7 Juni 2017