Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Ibu Negara Iriana mendatangi warga yang menunggunya di Balai Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6) 2015 sekitar pukul 17.00 WIB untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Kartu Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB).

Presiden menyerahkan Kartu Asistensi Disabilitas kepada 3 orang perwakilan penerima. Kartu tersebut diantar langsung oleh Presiden ke tempat duduk penerima. Penerima masing-masing mendapat Rp 300 ribu per bulan sampai bulan Desember. Penerima Kartu ASPDB juga mendapatkan kartu KIS. Jokowi meminta aparatnya untuk melayani rakyat sebaik-baiknya.

Kemudian Presiden Jokowi menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), kepada perwakilan penerima 10 pelajar. Penerima KIP masing-masing mendapatkan Rp 450 ribu untuk pelajar SD, Rp 750 ribu untuk pelajar SMP, dan Rp 1 juta untuk pelajar SMK/SMP.

Presiden Jokowi berpesan kepada para penerima, agar dana KIP tersebut diambil minggu ketiga bulan Juni saat tahun ajaran baru. “Uang ini dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan sekolah: beli buku, beli sepatu, beli seragam. Dan ingat anak-anak tidak boleh untuk beli pulsa,” pesan Presiden Jokowi.