Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja mengunjungi Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Sabtu (30/5) 2015, untuk mencanangkan Kampung Vannamei sebagai kampung tambak udang, meresmikan Jalan Ir. Soekarno, dan membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Saat meresmikan Kampung Vannamei yang terletak di Desa Pajalele, Kecamata Tikke Raya, Kabupate Mamuju Utara sebagai Kampung Tambak Udang, Presiden Jokowi meminta agar Gubernur, Bupati, serta seluruh menteri mengembangkan daerah yang memiliki potensi sangat besar untuk usaha pertambakan, baik tambak bandeng, udang, maupun ikan.

“Sebentar lagi akan saya kirim alat berat eskavator, tadi Pak Bupati menyampaikan butuhnya 5 (lima) tapi kalau 5 masih belum cukup nanti tambah lagi, dan langsung dikerjakan yang baik,” kata Presiden Jokowi saat berada di Kampung Vannamei, Desa Desa Pajalele, Kecamata Tikke Raya, Kabupate Mamuju Utara, Sabtu (30/5) pagi.

Presiden berharap, saat ia kembali datang ke Mamuju, kampung tersebut sudah menjadi tambak rakyat yang luas, karena ada 13 ribu hektar. “Kita harapkan saya datang ke sini lagi semua rakyat sudah menikmati hasil tambaknya. Satu hektar bisa menghasilkan 2 ton dalam setahun bisa panen 3 kali. Ini besar sekali 1 ton sekitar Rp60 juta tinggal kalikan 2 ada Rp120 juta, 3 kali panen berarti Rp 180 juta, sebuah kekuatan yang besar,” tutur Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, hal-hal seperti itu di semua daerah ada tetapi solusi konkret, solusi yang implementatif, yang langsung dirasakan oleh rakyat atau daerah yang tidak mempunyai kekuatan untuk mengerjakan semuanya, maka pusat yang harus bekerja.