Indonesia ini negara besar dalam arti sebenar-benarnya. Dihuni lebih dari 260 juta penduduk, wilayahnya membentang di atas lebih 17.000 pulau, yang dari Sabang di ujung barat ke Merauke di ujung timur berjarak lebih 5.000 kilometer.

Dengan modal sebagai bangsa yang besar itulah, kita melajukan pembangunan di seluruh Indonesia secara merata dan berkeadilan. Perlahan tapi pasti kita kembali menguasai ladang-ladang minyak dan gas yang puluhan tahun lamanya dikelola oleh perusahaan asing, dan akhir tahun ini, kita bahkan memastikan penguasaan saham terbesar atas tambang Freeport di pegunungan Grasberg di Papua.

Empat tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil di kisaran 5%, pengangguran kian menurun, dan untuk pertama kalinya angka kemiskinan di level satu digit. Lebih 92 juta orang kini memegang Kartu Indonesia Sehat tanpa harus membayar iuran, kita memberdayaan desa-desa, juga memberikan akses lahan dan hutan yang lebih luas kepada rakyat banyak daripada kepada perusahaan besar.

Dan sebagainya, tak mungkin saya rinci satu per satu. Setelah pembangunan infrastruktur besar-besaran berupa jalan, jalan tol, jembatan, bendungan dan waduk, bandara dan pelabuhan, pos-pos lintas batas, dan lain-lain, kini saatnya kita fokus pada pembangunan sumber daya manusia.

Pendeknya, empat tahun ini adalah upaya kita membangun fondasi menuju negara Indonesia maju.

Terima kasih atas kerja keras bersama seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat. Semoga segenap upaya kita mendapatkan ridha dari Allah SWT.