Berita Utama

SBY Lantik Wantimpres

Presiden dan Ibu Negara menyalami Rachmawati Soekarnoputri dan para anggota Wantimpres lainnya usai pelantikan di istana Negara, Rabu (11/4) siang. (foto: anung/presidensby.info)
Presiden dan Ibu Negara menyalami Rachmawati Soekarnoputri dan para anggota Wantimpres lainnya usai pelantikan di istana Negara, Rabu (11/4) siang. (foto: anung/presidensby.info)
Jakarta: Presiden SBY melantik 9 orang anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Negara, Rabu (11/4) pukul 14.00 WIB. Wantipres diangkat melalui Keppres No.28/M/2007 dan mulai berlaku sejak tanggal 26 Maret 2007. Tugasnya memberi masukan dan pertimbangan kepada Presiden tentang berbagai macam hal.

Acara pelantikan yang dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla serta seluruh Menteri Kabinet Indonesia bersatu dan pimpinan lembaga negara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keppres Pengangkatan oleh Deputi Seskab Bidang Hukum, Lambok Nahadan. Disusul dengan pengambilan sumpah anggota Wantimpres oleh Presiden SBY.

9 orang anggota Wantimpres yang baru saja dilantik adalah:
1. Bidang Hubungan Internasional - Ali Alatas
2. Bidang Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan - Emil Salim
3. Bidang Hukum - Adnan Buyung Nasution
4. Bidang Pertahanan dan Keamanan - TB Silalahi
5. Bidang Politik - Rachmawati Soekarnoputri
6. Bidang Ekonomi - Sjahrir
7. Bidang Agama - Ma'ruf Amin
8. Bidang Sosial Budaya - Subur Budhi Santoso
9. Bidang Pertanian - Radi A. Gany

Presiden SBY berharap Wantimpres dapat sungguh-sungguh memberikan nasihat, pandangan, dan pertimbangan yang bersifat fundamental. "Yaitu yang berkaitan langsung dengan pengambilan keputusan yang penting, maupun solusi-solusi yang mendasar yang berkaitan pula dengan pengembangan kebijakan dan strategi yang ditempuh oleh pemerintah," SBY menjelaskan. (mit)