JAKARTA —Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja ke Kota Padang dan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu 4 November 2017. Setelah meresmikan Rumah Sakit Universitas Andalas, di Padang, Wapres Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla menuju Bukittinggi untuk melakukan peninjauan Pasar Atas yang terbakar pada Senin, (30/10) yang lalu.

Wapres yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar menempuh 2 jam perjalanan darat yang jaraknya kurang lebih 120 KM dari Universitas Andalas dan tiba di Pasar Atas Bukittinggi pukul 16.30 WIB.

Dalam peninjauan tersebut Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa setelah selesai di bangun atau di rehab nanti, pasar tersebut agar dikembalikan lagi ke rakyat.

Sementara itu Menteri Basuki, yang juga sebagai Dewan Penyantun Universitas Andalas, usai melihat kondisi Pasar Atas Bukittinggi menyampaikan turut bersimpati dan mengatakan meskipun kewenangan berada pada tangan Pemprov, namun semua pihak harus turun tangan membantu termasuk Kementerian PUPR.

Untuk langkah Kementerian PUPR selanjutnya, Menteri Basuki masih menunggu instruksi dari Wapres terkait upaya perbaikan yang akan dilakukan untuk pusat perbelanjaan kebanggan masyarakat Bukittinggi ini. Turut mendapingi Menteri Basuki Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Maryadi Utama.