MANADO– Rangkaian Konferensi Global Pemuda Kristen (Global Christian Youth Conference) yang berlangsung selama 2 hari dan dihadiri 120 peserta dari 25 negara, secara resmi ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, yang menyerukan Pemuda Kristen untuk terlibat aktif dalam setiap upaya untuk mengawal perdamaian dunia.

“Selamat Datang di Indonesia, negeri yang tidak hanya indah, tapi juga ramah. Disinilah tempat dimana setiap orang disambut dengan senyum. Indonesia adalah negara yang ikut terlibat aktif dalam mengawal perdamaian dunia, termasuk para pemudanya,” ujar Menpora.

Sambil menyebutkan pepatah lama Minahasa yang berbunyi “SI TOU TIMOU TUMOU TOU” (Manusia Hidup Untuk Menghidupkan Manusia) Menteri asal Bangkalan, Madura ini mengajak para pemuda untuk tidak hanya menunaikan kewajiban kepada Tuhan dalam menjalankan perintah agama, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia terhadap sesama.

“Dalam konteks ini, maka GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) harus menjadi pelopor untuk pemuda dalam memperoleh informasi dan pendidikan tentang keberagaman sejak usia dini, yang melihat segala perbedaan sebagai sumber kekuatan dan bukan sumber ancaman,” sebut Imam

Lebih jauh ia juga menyebutkan komitmen kuat dari Pemerintah, TNI dan Polri dalam menjamin hak dan kebebasan bagi setiap pemeluk agama untuk beribadah.

“Tidak hanya itu kita juga terus galang tradisi yang kuat dan kokoh untuk terus merawat dan menjaga NKRI,” katanya lagi.

Imam secara khusus juga mengajak pemuda sebagai kelompok intelektual di Indonesia mampu mendorong masyarakat berpikir dan bersikap kritis serta bijak dalam menggunakan media sosial.

“Sekarang banyak berita hoax bertebaran yang dijadikan sebagai referensi karena salah dalam menggunakannya,” ujarnya.

Dalam Konferensi ini, Menpora Imam Nahrawi didampingi Juru Bicara Baru Kemenpora Anindya Kusuma Putri yang sebelumnya menyandang gelar sebagai Putri Indonesia Tahun 2015, Kepala Bagian Kemitraan Luar Negeri Mirhan Tabrani, Kepala Bidang Kepeloporan Tanggap Bencana dan Rawan Sosial Abdul Rafur, Ketua Umum GMKI Sahat Martin bersama Secretary The Christian Federation Necta Montes, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sulawesi Utara, Janny Lukas.