Dalam lawatan Presiden Jokowi ke Rusia, Presiden Vladimir Putin mengatakan hubungan Indonesia – Rusia sudah berawal dari sikap yang ditentukan Presiden Soekarno.  Adalah penting untuk selalu mewariskan wawasan kebangsaan ke generasi muda.

Wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda Indonesia saat ini harus terus dan selalu ditingkatkan. Wawasan kebangsaan akan menentukan kadar rasa cinta tanah air seseorang. Semakin besar rasa cinta tanah air seseorang akan semakin kuat wawasan kebangsaan tumbuh dalam dirinya. Presiden Jokowi melalui gerakan Revolusi Mental telah mengajak generasi muda untuk mencintai bangsa dan negaranya dan menjadi generasi yang berwawasan kebangsaan kuat. Generasi yang bangga dan membanggakan bagi bangsa dan negara.

Dalam lawatan Presiden Jokowi ke Rusia, Presiden Vladimir Putin sempat bertutur tentang sosok Ir. Soekarno. Presiden Putin mengatakan bahwa hubungan Indonesia – Rusia sudah berawal sejak dari sikap yang ditentukan oleh Presiden Soekarno. Itu sebuah apresiasi atau penghargaan pada sejarah bangsa Indonesia dari Presiden Putin. Sebuah diplomasi yang berwawasan kebangsaan. Presiden Jokowi ketika berada di Korea juga melakukan diplomasi serupa dengan mengatakan bahwa putranya dan juga dirinya adalah penggemar K-Pop. Sejarah dan kebudayaan memang merupakan dua hal penting dalam upaya menumbuhkan wawasan kebangsaan.

Rasa cinta tanah air harus ditumbuhkan sejak seseorang dilahirkan sehingga generasi muda. Ini adalah bagian utama dari wawasan kebangsaan yang untuk menumbuhkannya harus ada pemahaman mendalam tentang sejarah bangsa.  Secara sederhana, rasa cinta tanah air bisa diilustrasikan seperti cinta nelayan pada lautan atau cinta petani pada tanah sawahnya. Rasa cinta nelayan pada lautan adalah seluruh kehidupan nelayan yang didedikasikan pada laut yang memberinya kehidupan. Ada tanggungjawab untuk menjaga, memelihara, dan merawat  sebagaimana laiknya seorang anak terhadap orangtua. Hidup seorang nelayan tergantung pada lautan dan karenanya pilihan terbaik bagi seorang nelayan adalah mencintai lautan sepenuh jiwa raga.

Dengan begitu, seorang nelayan akan mengenal lebih baik kekayaan laut yang memberinya kehidupan sekaligus bahaya yang bisa mengancam hidupnya di lautan. Mencintai laut juga akan membuat seorang nelayan memperlakukan laut dengan rasa hormat, menghargai, menjaga, dan memeliharanya. Laut sebagaimana tanah bagi petani adalah hakikat kehidupan seorang nelayan.  Seorang petani yang tidak menghayati tanah sawah atau lahannya dengan rasa cinta, sesungguhnya bukanlah seorang petani sejati.

Generasi muda kini harus memiliki rasa cinta tanah air seperti itu meskipun kehidupan modern semakin menjauhkan manusia dari alam semesta. Hubungan harmonis manusia dengan alam semesta adalah dasar kuat bagi tumbuhnya rasa cinta tanah air. Dan rasa cinta tanah air dari seluruh rakyat adalah modal utama untuk menjadikan sebuah bangsa menjadi bangsa yang besar. Begitulah seharusnya rasa cinta tanah air di jiwa setiap anak bangsa.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei, penting untuk selalu membangkitkan kembali semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Terutama di kalangan generasi muda. Penting untuk selalu mewariskan wawasan kebangsaan dari generasi ke generasi sehingga setiap hari Kebangkitan Nasional, semangat dan rasa cinta tanah air akan semakin kokoh dan mengakar. Semangat ini yang akan selalu menjadi api untuk kebangkitan anak muda Indonesia.