SIARAN PERS – Mengawali kegiatan di Brussel, Kerajaan Belgia, pagi ini, Kamis, 21 April 2016, Presiden Joko Widodo menerima Wakil Presiden Komisi Eropa, Federica Mogherini di Ruang Le Boudoir, Wiltcher’s Steigenberger, Brussel. Kunjungan kehormatan Wakil Presiden Komisi Eropa pagi ini adalah untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Brussel.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kerjasama yang telah terjalin baik antara Republik Indonesia (RI) dan Uni Eropa (UE). Presiden juga menyambut baik atas kesimpulan yang telah dihasilkan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUECEPA). Presiden Jokowi mengatakan, “Saya berharap, negosiasi dapat segera dimulai”.

Sementara Wakil Presiden Komisi Eropa menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah RI dalam menengahi konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan harapan agar para Pimpinan UE dapat secara aktif menyebarkan nilai-nilai toleransi.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Duta Besar RI untuk UE Yuri O. Thamrin serta Direktur Kerjasama Intra-kawasan Dewi Tobing.
Brussel, 21 April 2016
Tim Komunikasi Presiden

Ari Dwipayana