SIARAN PERS – IMG-20160423-WA0028 IMG-20160423-WA0030Presiden Joko Widodo baru saja tiba di Jakarta usai mengunjungi 4 negara anggota Uni Eropa, yaitu Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda untuk melakukan kunjungan kerja selama 5 hari.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ada dua hal yang diperoleh dari kunjungan tersebut. “Yang pertama, kepercayaan kalangan bisnis negara-negara tersebut dan juga Uni Eropa terhadap perekonomian Indonesia. Kebijakan deregulasi ekonomi, lanjut Presiden disambut sangat positif. ” ujar Presiden Joko Widodo di Ruang VVIP Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu petang, 23 April 2016.

Hal yang kedua diperoleh dari kunjungan itu adalah apresiasi dan harapan yang tinggi terhadap peran Indonesia untuk perdamaian, melalui pengembangan Islam yang moderat, yang demokratis, dan toleran. “Saat ini, nilai Islam yang damai, yang demokratis, yang moderat, yang toleran, telah menjadi aset diplomasi Indonesia di mata dunia,” ujar Presiden

Selain itu, Presiden Jokowi menekankan bahwa ada komitmen  untuk memfokuskan atau memprioritas kerjasama pada satu sektor tertentu di setiap negara yang dikunjungi:

1. Jerman
Kerjasama difokuskan pada pelatihan dan pendidikan vokasi. “Untuk menciptakan pekerja yang terampil yang sesuai kebutuhan pasar dan kompetitif. Dan pada bulan Mei 2016 akan dilakukan kunjungan delegasi Jerman untuk menindaklanjuti pertemuan Presiden Jokowi dan Kanselir Merkel. “Penguatan pelatihan dan pendidikan vokasi akan menciptakan tenaga terampil yang sesuai kebutuhan pasar dan kompetitif,” ujar Presiden.

2. Inggris
Kerjasama difokuskan pada kreatif ekonomi dan industri kreatif. Hasil kunjungan ini akan ditindaklanjuti oleh Badan Ekonomi Kreatif. “Saya senang melihat 5 designer muda Indonesia yang memajang produknya di Department Store besar yang ada di London,” ucap Presiden.

3. Belgia dan Uni Eropa
Pembahasan scoping papers mengenai Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), yang sempat terhenti bertahun-tahun, akhirnya dapat diselesaikan. Scoping Papers ini akan menjadi dasar bagi negosiasi CEPA.
“Kecepatan kita dalam menyelesaikan scoping papers sangat dihargai dan kita tinggal melanjutkan pada negosiasinya,” kata Presiden.

4. Belanda
Kerjasama difokuskan pada peningkatan kerjasama maritim dan pengelolaan air. “Bulan November PM Belanda akan berkunjung ke Indonesia disertai delegasi bisnis yang ada,” ujar Presiden.

Dalam kunjungan 4 negara tersebut dilakukan pula pertemuan business to business. “Total deal business to business yang saya catat ada USD 20,5 Milyar,” ujar Presiden.
Disambut Wapres Jusuf Kalla

Presiden dan rombongan baru tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 16.45 WIB setelah menjalani penerbangan selama hampir 17 jam dari Bandara Internasional Schiphol Belanda dan transit di Abu Dhabi.

Di Bandara Halim Perdanakusuma, Presiden disambut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Maritim Rizal Ramli,  Mensesneg Pratikno, Menteri PAN dan RB Yuddy Chrisnandi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Badrodin Haiti dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan ini, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala BKPM Franky Sibarani.
Jakarta, 23 April 2016
Tim Komunikasi Presiden
Ari Dwipayana