SIARAN PERS – Presiden Jokowi akan menjadi presiden Indonesia kedua yang dibuatkan figur lilinnya di museum tersebut setelah Presiden Soekarno

Tak lama lagi, figur lilin seorang Presiden Joko Widodo akan menghiasi Museum Madame Tussauds yang telah dikenal dengan koleksi karya figur lilin para tokoh dunia. Presiden Jokowi sendiri dipastikan akan menjadi presiden kedua Indonesia yang mendapatkan kehormatan untuk diabadikan di sana setelah Presiden Soekarno.

Figur Presiden Joko Widodo nantinya akan menjadi koleksi salah satu Museum Madame Tussauds yang berlokasi di Hong Kong. Pembuatan figur Presiden Jokowi didasari atas tingginya permintaan pengunjung Madame Tussauds Hong Kong mengenai sosok Presiden Jokowi sebagai seorang pemimpin dunia yang pantas diabadikan dalam museum tersebut.

Nantinya, figur Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong akan bersanding berhadapan dengan sosok Presiden Soekarno yang tinggi gagah dan tampil sempurna dengan senyum penuh wibawa. Selain menjadi presiden kedua Indonesia yang diabadikan dalam museum tersebut, figur Presiden Jokowi sekaligus akan menjadi satu-satunya kepala negara di Asia Tenggara yang masih hidup yang menghiasi museum tersebut.

Menurut keterangan pihak Madame Tussauds Hong Kong, figur lilin pria kelahiran Solo tersebut direncanakan untuk menggantikan posisi figur Presiden Obama dan akan diberikan ruang pamer yang cukup luas. Sebelumnya, figur sejumlah pemimpin dunia telah diabadikan dalam museum tersebut, di antaranya Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela.

Proses pembuatan figur lilin tersebut diperkirakan akan berlangsung selama sekira tiga sampai enam bulan ke depan. Madame Tussauds Hong Kong sendiri menargetkan untuk dapat memperkenalkan figur lilin Presiden secara resmi jelang musim panas 2017 mendatang.

“Bangsa Indonesia patut bangga dengan pemasangan figur lilin¬† Presiden kita di Madame Tussauds, Hongkong. Ini menunjukkan betapa pribadi Pak Jokowi yang sederhana dan merakyat juga menarik perhatian masyarakat internasional,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Djumala Darmansyah mengatakan bahwa pengukuran untuk figur lilin akan dilaksanakan pekan depan. “Hari Rabu siang nanti (12 Oktober 2016), tim dari Madame Tussauds akan hadir ke Istana untuk mengukur dan mengambil foto dari beberapa sisi,” ucap Djumala.

Sebagai informasi sebagaimana yang disampaikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong Tri Tharyat, Presiden Joko Widodo adalah tokoh atau pemimpin negara yang menempati peringkat tertinggi dari permintaan profil tokoh yang akan dibuatkan figur lilin. “Presiden Jokowi berada di atas dua kandidat Presiden Amerika Serikat, Donal Trump dan Hilary Clinton. Bahkan juga di atas pesepakbola terkenal asal Argentina Lionel Messi,” ucap Tharyat.