SIARAN PERS – Sejumlah agenda padat telah menanti Presiden Joko Widodo dalam rangkaian kunjungan kerja ke Laos pada Rabu, 7 September 2016 ini. Agenda pertama yang akan dijalani Presiden ialah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-29 di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Laos. Mendampingi Presiden dalam acara tersebut ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Adapun saat Presiden Joko Widodo mengikuti KTT ASEAN ke-29, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan para istri pemimpin negara ASEAN lainnya diagendakan untuk mengikuti ‘spouse program’.

Setelahnya, Presiden Joko Widodo bersama dengan para pemimpin negara ASEAN lainnya secara berturut akan menghadiri KTT ASEAN-RRT ke-19, KTT ASEAN-Jepang ke-19, KTT ASEAN-Republik Korea ke-18, KTT ASEAN Plus Three (RRT, Jepang, Republik Korea) ke-19, KTT ASEAN-Australia ke-2, serta KTT ASEAN-PBB ke-8.

Selama menghadiri KTT ASEAN dengan sejumlah negara tetangga tersebut, Presiden Joko Widodo akan turut didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pada malam harinya, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo diagendakan untuk menghadiri undangan jamuan makan malam oleh Perdana Menteri Republik Demokrasi Rakyat Laos (Ketua ASEAN 2016) Thongloun Sisoulith. Para pemimpin negara ASEAN lainnya, para pemimpin negara KTT Asia Timur, dan Sekretaris Jenderal PBB juga diagendakan untuk hadir dalam undangan tersebut.
Vientiane, 7 September 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin