SIARAN PERS – IMG-20160419-WA0000 IMG-20160419-WA0003Mengawali kunjungan resminya di Eropa, Senin 18 April 2016, Presiden Joko Widodo akan memulai kegiatannya di Berlin, Jerman. Agenda padat telah menanti Presiden di negara ini termasuk pertemuan dengan Kanselir Angela Merkel.

Presiden Jokowi datang ke Jerman atas undangan Kanselir Jerman yang disampaikan pada ajang KTT G20 di Antalya, Turki, tahun lalu.

Berdasarkan keterangan pers Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Berlin, 17 April 2016, Jerman merupakan salah satu mitra utama Indonesia di kawasan Eropa. Nilai perdagangan Indonesia-Jerman menduduki peringkat pertama se-Eropa, sementara untuk nilai investasi, Jerman menduduki peringkat ke-7. “Besok adalah hari yang sangat padat karena dalam satu hari kita akan melakukan 7 program,” kata Retno. Program tersebut adalah terkait dengan pertemuan dengan CEO dari perusahaan terkemuka Jerman, pertemuan dengan Presiden Republik Federal Jerman Joachim Gauck, pertemuan dengan Kanselir Republik Federal Jerman Angela Merkel, berkunjung ke Siemenstadt, dan pertemuan dengan masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan, selain kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi dan investasi, kunjungan Presiden ke Jerman kali ini adalah untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan vokasional (kejuruan). “Karena vokasi adalah pendidikan yang memang saat ini sangat diperlukan untuk menjawab kebutuhan pasar saat ini. Di dalam kompetisi ASEAN Economic Community maka keahlian kita, kualifikasi kita di bidang-bidang pekerjaan tertentu itu memang harus terus kita tingkatkan dan salah satunya adalah dengan cara memperkuat pendidikan vokasi,” ujar Retno.

Adapun agenda Presiden Joko Widodo di Berlin, pada pagi hari, Presiden dijadwalkan akan melakukan beberapa pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan terkemuka Jerman yang bertempat di Hotel Adlon Kempinski, Berlin. Setelah itu, Presiden Jokowi juga akan memberikan pidato kunci pada Forum Bisnis Indonesia-Jerman bertempat di lokasi yang sama.

Siang harinya, Presiden akan menuju Kantor Presiden Republik Federal Jerman untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Federal Jerman Joachim Gauck dan dilanjutkan melakukan kunjungan ke Pusat Pelatihan Pendidikan Vokasi Profesional di Siemenstad.

Setelah melakukan kunjungan ke Siemenstad, Presiden Jokowi akan menuju Kantor Kanselir Jerman, Bundeskanzleramt, untuk bertemu Kanselir Republik Federal Jerman Angela Merkel, dan dilanjutkan dengan Jamuan Santap Siang oleh Kanselir Republik Federal Jerman untuk menghormati Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Setelah pertemuan, Presiden Jokowi dan Kanselir Angela Merkel dijadwalkan akan memberikan konferensi pers bersama kepada wartawan.

Setelah melakukan aktivitas kenegaraannya, pada sore hari, Presiden Jokowi direncanakan akan melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Jerman yang bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin. Acara ini mengakhiri lawatan Presiden Jokowi di Jerman dan selanjutnya akan bertolak menuju London, Kerajaan Inggris.
Berlin, 18 April 2016
Tim Komunikasi Presiden
Ari Dwipayana