SIARAN PERS – Ibu Negara Iriana Joko Widodo terus menunjukkan dukungannya terhadap para pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang telah membantu mencerdaskan anak-anak Indonesia. Ibu Iriana pun merasa gembira bisa bertatap muka langsung dengan ribuan guru PAUD seluruh Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Ibu Iriana saat melakukan peninjauan Pelatihan Akbar Guru PAUD/TK/Sederajat yang digelar pada tanggal 2 hingga 4 November 2016 mendatang, di Aula Madinatul Hujjaj, Asrama Haji, di Kecamatan Medan Johor.

“Saya dari Jakarta jam tujuh pagi, sampai tadi ada dua PAUD (yang sudah saya kunjungi). Tadi saya dengan anak-anak PAUD juga sudah bernyanyi-nyanyi. Tapi alhamdulillah ini ketemu guru-guru PAUD seluruh Sumatera (Utara),” ujar Ibu Iriana saat mengungkapkan kegembiraannya.

Para guru yang hadir juga turut merasakan kegembiraannya bisa bertemu langsung dengan Ibu Iriana dan rombongan OASE-KK. Salah satunya adalah Ibu Sujiana Astuti Siregar dari Medan.

“Alhamdulillah bu, sangat gembira sekali perasaan saya melihat Ibu (Iriana) hadir bersama dengan rombongan para Ibu Menteri. Dan juga kami bisa hadir beribu guru disini ditengah-tengah ikut menyaksikan Ibu yang sangat kami rindukan,” ucapnya.

Pelatihan yang mengambil tema “Praktik Pendidikan Karakter dan Pendekatan Saintifik yang Sukses Membangun Akhlak, Daya Pikir Kritis, dan Kreativitas Anak” tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.000 guru dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Berbagai manfaat pun dirasakan para guru usai mengikuti pelatihan. Bahkan salah seorang guru dari Sibolga menyatakan akan berusaha sekuat tenaga untuk membentuk karakter anak-anak Kota Sibolga menjadi pribadi yang berkarakter, santun dan berjiwa lembut.

“Setelah saya mengikuti pelatihan itu, Ibu tahu kan Kota Sibolga laut Bu, jadi Bu kalau orang di tepi pantai jiwanya kasar bu, ngomongnya kasar tapi itulah latar belakang Kota Sibolga. Tapi Bu, kami guru-guru PAUD berusaha buat anak-anak kota Sibolga,” ujar Anita Tanjung dari Sibolga, Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) mencanangkan program Gerakan PAUD Berkualitas dengan meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan serta menyebarluaskan pendidikan karakter. Oleh karena itu, OASE-KK melakukan kerjasama dengan Tim Penggerak PKK, dan Indonesia Heritage Foundation (IHF) menggelar Pelatihan Akbar Guru PAUD/TK/Sederajat.

Hal ini dilakukan guna mewujudkan cita-cita PAUD yang berkualitas yang dapat membentuk anak-anak Indonesia yang memiliki karakter unggul. Karena sebagai agen perubahan, guru harus menjiwai karakter unggul dengan menanamkan pendidikan holistik kepada para siswanya.

Acara ditutup dengan dilantunkannya lagu berjudul “Terima Kasih Guru” oleh Ibu Iriana dan sejumlah anggota OASE-KK bersama dengan seluruh guru yang hadir mengikuti pelatihan tersebut.

Turut menyertai Ibu Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kerja kali ini adalah Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla serta sejumlah istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja).

 

2 November 2016

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

 

Bey Machmudin