SIARAN PERS – Pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan, lengkap dengan seremoni serah terimanya, akan menjadi objek atraksi wisata baru bagi masyarakat luas. Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Seremoni tersebut akan dilangsungkan di Hari Minggu ke-2 tiap bulannya dan dimulai pada pukul 8 pagi di halaman depan Istana Merdeka.

Sebagai tempat bagi Presiden untuk menggerakkan roda pemerintahan, Istana Kepresidenan Republik Indonesia menyimpan nilai sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang dapat disaksikan oleh rakyat. Proses pergantian jaga istana agar dapat dilihat oleh masyarakat dan diliput media ini adalah arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. “Tentunya kami siap melaksanakan petunjuk dan arahan Presiden,” ucap Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Istana adalah milik rakyat dan sungguh elok rasanya bila rakyat pun dekat dengan Istana. Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan ini merupakan sebuah langkah dari pemerintah untuk semakin mendekatkan diri dengan rakyat sekaligus memberi kesempatan luas bagi masyarakat untuk sesekali menikmati suasana pagi di sekitar Istana.

Untuk itulah pada
hari Minggu, 17 Juli 2016 masyarakat mulai dapat menyaksikan kegiatan tersebut di halaman depan Istana Merdeka pada pukul 08.00 WIB.

Jakarta, 15 Juli 2016
Kepala Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin