SIARAN PERS – Setelah menghadiri puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) 2016, Presiden Joko Widodo ditemani oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta putri dan putranya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep mengunjungi Kebun Raya Cibodas yang terkenal dengan suasana sejuk dan asri.

IMG-20160627-WA0010
Foto : Cahyo, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Di sana, Presiden dan keluarga terlihat menikmati keindahan pepohonan dan kesejukan alam sambil menaiki kereta wisata. Sesekali mereka turun dari keretanya untuk mengunjungi beberapa tempat yang dirasa sangat menarik perhatian. Air Terjun Cibodas, koleksi tanaman kantung semar, koleksi tanaman lumut dan paku-pakuan adalah beberapa tempat yang sempat disinggahi oleh Presiden dan keluarga. Kebun Raya Cibodas sendiri terletak tepat berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango. Dengan ketinggian sekitar 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut dan bersuhu udara rata-rata 20,06 °C, bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di sana.

IMG-20160627-WA0005
Foto : Cahyo, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Dalam perjalanan kembali menuju Istana Cipanas, Presiden bersama keluarganya menyempatkan diri untuk mengunjungi sebuah factory outlet di kawasan Cipanas. Masyarakat di sana yang tidak menyangka akan melihat langsung sosok Presiden dari dekat secara spontan dan antusias segera mengerumuni Presiden. Presiden pun dengan penuh senyum melayani permintaan warga yang ingin berfoto bersama sembari memilih pakaian yang hendak dibelinya. Joko Widodo, seperti masyarakat lainnya, memilih pakaiannya sendiri. Setelah kembali ke Istana Cipanas, Presiden langsung mengenakan t-shirt pilihannya yang berwarna abu-abu dengan sedikit garis orange serta abu-abu di sekitar kerah.

Bukan hal yang aneh bila menemukan Presiden berbelanja sendiri ke pusat perbelanjaan. Pada saat kunjungan kerjanya ke Banda Aceh awal bulan Juni ini, Presiden juga membuat heboh warga yang berada di sebuah mal di kota tersebut. Tepatnya Suzuya Department Store yang berada di Jalan Teuku Umar Setui Banda Aceh, sekitar pukul 20.45 WIB. Saat itu Presiden Joko Widodo yang sedang dalam perjalanannya tiba-tiba berbelok ke mal tersebut untuk ‘blusukan’ sekaligus membeli beberapa helai pakaian dalam.

IMG-20160627-WA0015
Foto : Cahyo, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Sesampainya di Istana Cipanas dan melaksanakan shalat Ashar, tidak lantas membuat Presiden langsung beristirahat. Presiden bersama dengan Kaesang berjalan kaki menuju Pasar Cipanas untuk sekedar membeli beberapa kebutuhan berbuka puasa. Warga yang antusias pun lagi-lagi mengerumuni Presiden dan meminta foto bersama. Di sana, Presiden tercatat membeli beberapa kilogram buah jeruk dan mangga untuk kemudian langsung dibayarnya sendiri. Presiden kemudian berjalan perlahan dan singgah di kios penjual udang kering ebi dan juga ayam goreng.

Ada yang sedikit unik ketika Presiden Joko Widodo berbelanja, di sela-sela melayani permintaan foto bersama warga, Presiden bertemu dengan seorang ibu yang sedang hamil yang juga meminta untuk dilakukan foto bersama. Saat itu Presiden turut mendoakan agar ibu dan bayi yang dikandungnya diberikan keselamatan hingga proses kelahirannya.

Kegiatan sore hari itu pun berakhir. Presiden bersama Kaesang kembali ke Istana Cipanas dengan berjalan kaki. Barangkali Presiden memang seperti manusia kebanyakan yang butuh beristirahat sejenak untuk menghilangkan kejenuhan. Tapi, kecintaan Presiden Joko Widodo terhadap rakyat kecil patut diacungi jempol. Di tengah liburannya sejenak, Presiden masih mau menyempatkan diri untuk bertemu rakyatnya dan berbelanja segala kebutuhannya sendiri.

 

 

26 Juni 2016

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin