SIARAN PERS – Di sela-sela kunjungan kerja ke Sumatera Barat, Presiden beserta kedua putera/puterinya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep, sore tadi Rabu, 5 Juli 2016 sekitar pukul 16.45 WIB singgah sejenak ke Plaza Andalas untuk berbelanja.

IMG-20160705-WA0063

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Plaza yang lokasi tepatnya berada di Jalan Pemuda, Kota Padang, ini mendadak riuh begitu para pengunjungnya mengetahui kehadiran Presiden Joko Widodo di sekitar mereka. Presiden berkeliling plaza mengaku hendak membeli pakaian berwarna hijau.

“Cari baju hijau buat nanti malam. Biasanya kan putih terus,” ujar Presiden ketika ditanyakan para jurnalis mengenai keperluannya di sana.

Memang, berdasarkan agenda kepresidenan, malam nanti Presiden Joko Widodo diagendakan untuk melepas Pawai Takbir dan Takbir Akbar di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat bersama dengan masyarakat sekitar.

IMG-20160705-WA0058

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Pengunjung yang berada di sekitar Presiden saat itu pun sontak dibuat kaget. Seorang mahasiswa yang kebetulan juga sedang mencari baju dan celana untuk berlebaran sempat mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

“16.55 Sadang cari2 baju-celana rayo, eh kebetulan ado presiden kito min. Hahaha,” kicaunya dikutip dari akun Twitter miliknya, @ReinaldoRizki.

Saat itu, Presiden sedang berjalan menuju lantai dua di pusat perbelanjaan tersebut dan langsung mencari kemeja hijau. Kemeja hijau lengan panjang dengan sedikit aksen warna hitam di pundak menjadi pilihan Presiden. Harga yang tertera mendekati Rp. 400 ribu. Namun, karena program diskon yang sedang berlaku di Pusat Perbelanjaan itu, Presiden cukup membayarnya dengan harga Rp 150 ribu.

Sebelum beranjak pulang menuju penginapannya, Presiden menyempatkan diri untuk bersalaman dan berfoto bersama para warga di sekitarnya. Pengamanan Paspampres yang tak terlalu ketat namun tetap waspada membuat para pengunjung tetap leluasa bersalaman dan berfoto bersama Presiden.

IMG-20160705-WA0057

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Kedatangan Presiden ke pusat perbelanjaan bukan hanya berbelanja kebutuhannya, namun sekaligus digunakan memperhatikan kondisi perekonomian rakyat setempat. Selain itu, waktu yang longgar seperti ini menurutnya merupakan momen yang tepat untuk sekedar berinteraksi dengan rakyat.

“Warga kan kadang-kadang banyak yang ingin salaman saja, ingin dapet foto. Waktu-waktu agak longgar seperti ini kita juga bisa melihat pergerakan ekonomi, toko, mall seperti apa, selain bertemu dengan masyarakat,” ungkap Presiden sebelum beranjak dari Plaza Andalas.

 

 

 

 

 

Padang, 5 Juli 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin