IMG-20160617-WA0014
Foto : Laily, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

SIARAN PERS – Perlahan namun pasti, proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa semakin terlihat hasilnya. Salah satunya ialah ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II sepanjang 21 kilometer yang ditargetkan dapat beroperasi pada lebaran tahun ini.

Salah satu agenda Presiden Joko Widodo pada kunjungan kerja ke Jawa Tengah, 16-17 Juni 2016, ialah meresmikan pengoperasian ruas jalan tol tersebut.

Tiba di Bandara Cakrabhuwana, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat pukul 14.18 WIB dengan menggunakan Pesawat CN 295 TNI AU setelah menempuh penerbangan selama 45 menit dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawali kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Kamis 16 Juni 2016, meninjau Gerbang Tol Brebes Timur yang berlokasi di Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Gerbang Tol Brebes Timur telah dinyatakan laik operasi pada Mei 2016 lalu dan kini siap untuk diresmikan pengoperasiannya. Jelang musim mudik dan libur Lebaran 2016, gerbang dan ruas tol yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road ini diharapkan bisa mengantisipasi musim mudik lebaran 2016.

IMG-20160617-WA0013
Foto : Laily, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Usai peninjauan tersebut, Presiden diagendakan untuk meresmikan pengoperasian Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II sekaligus integrasinya dengan jalan tol ruas Jakarta-Cikampek, Cipularang, Padaleunyi, dan Cipali pada sore hari.

Di sela kunjungan kerja dalam acara peluncuran Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat pada 11 April 2016 yang lalu, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk melakukan peninjauan gerbang tol tersebut yang memang sedang dalam tahap penyelesaian. Ketika itu, Presiden menargetkan Gerbang Tol Brebes Timur tersebut dapat digunakan pada saat lebaran nanti.

“Nanti dipakai untuk lebaran, kemudian 37 km lagi, Insya Allah, satu tahun saya beri target tadi ke Menteri PU, Menteri BUMN, dan Dirut Waskita Karya, selesai,” ujar Jokowi saat itu.

Mengakhiri agenda kunjungan Presiden di hari pertama, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan untuk melaksanakan shalat Isya dan tarawih berjamaah di Pondok Pesantren At-Tauhidiyyah, Giren, Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

16 Juni 2016
Tim Komunikasi Presiden
Ari Dwipayana