IMG-20160608-WA0020

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

SIARAN PERS –  “Saya ingin mengingatkan kembali tiga hal yang menjadi fokus kita dalam pembangunan infrastruktur transportasi terutama di kota-kota besar, yang  pertama ada konektivitas, yang kedua ada integrasi antar moda transportasi, dan yang ketiga modernisasi,” ujar Presiden Joko Widodo dalam arahan pengantar rapat terbatas yang membahas membahas perkembangan pembangunan infrastruktur transportasi perkotaan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta (Jabodebek), Bandung Raya dan Palembang. Ratas ini dilaksanakan di Kantor Presiden, Jakarta, 8 Juni 2016.

Fokus pertama adalah konektivitas agar antar daerah, antara wilayah terhubung sehingga mendorong pergerakan ekonomi, efisiensi, menurunkan biaya logistik, dan meningkatkan daya saing.

Kedua, fokus untuk membangun infrastruktur yang terintegrasi antar moda transportasi. Infrastruktur yang terintegrasi ini, menurut Presiden juga memudahkan barang dan orang. “Kalau bisa sambung antara pesawat dengan kereta api dengan LRT, dengan MRT, misal di Jakarta dengan bus dengan pelabuhan, itu akan sangat lebih baik. Tapi saya kira ini juga sudah di dalam perencanaannya saya pastikan sudah dimasukkan,” ucap Presiden.

Fokus yang ketiga menurut Presiden adalah harus melakukan modernisasi sarana dan prasarana transportasi. “Berkaitan dengan terminal, dermaga, runway yang harus diperlebar, diperpanjang dan modernisasi ini menyangkut semuanya baik yang berkaitan dengan kereta api, bus, kapal laut demi kenyamanan dan keamanan penumpang,” ujar Presiden.

Jakarta, 8 Juni 2016
Tim Komunikasi Presiden

Sukardi Rinakit