SIARAN PERS – IMG-20160502-WA0024Agenda Presiden Joko Widodo di Papua hari ini, Sabtu 30 April 2016, dimulai dengan Groundbreaking Pembangunan Pasar Budaya Mama Mama Papua. Groundbreaking pembangunan pasar ini merupakan yang kedua dilakukan Presiden di Papua, yang pertama adalah saat Groundbreaking Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 27 Desember 2014.

Pasar Budaya Mama Mama ini akan dibangun berlokasi di lahan Damri berada di tengah Kota Jayapura dengan luas sekitar 4.490 meter persegi dan pembangunan pasar ini dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN.

Pembangunan Pasar Budaya Mama Mama ini merelokasi pedagang dari pasar lokasi lama ke lahan Damri. Para pedagang tersebut menginginkan relokasi pasar dibangun di tengah Kota agar bisa menolong para pembatik, pengrajin, usaha warung, salon, dan para pedagang Papua lainnya yang tidak bisa mengakses ruko di pusat Kota karena harga jual dan sewa yang mahal.

Peninjauan Pelabuhan Depapre

Setelah meresmikan Groundbreaking Pembangunan Pasar Budaya Mama Mama, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Depapre Kabupaten Jayapura dengan menggunakan kendaraan mobil. Di pelabuhan ini, Presiden melakukan peninjauan.

Pelabuhan Depapre adalah pelabuhan peti kemas, curah cair, curah kering yang terletak di Teluk Tanahmerah menghadap Samudera Pasifik berjarak 30 km dari pelabuhan lama Jayapura, pelabuhan ini sekitar 27 km dari Sentani yang merupakan ibukota Kabupaten Jayapura, dan 60 km dari Jayapura yang merupakan ibu kota provinsi Papua.

Setelah meninjau Dermaga Depapre, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan kembali ke Jakarta pada siang hari dan diperkirakan akan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Sabtu petang, 30 April 2016.

Tim Komunikasi Presiden

Ari Dwipayana