SIARAN PERS – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik sejumlah menteri Kabinet Kerja yang baru saja diumumkan olehnya siang tadi. Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 27 Juli 2016 sekitar pukul 13.30 WIB.

Pelantikan sejumlah menteri Kabinet Kerja tersebut dilaksanakan berdasarkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 83/P Tahun 2016 tentang Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Kerja Periode 2014-2019.

IMG-20160727-WA0028

Foto : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Sekitar satu setengah jam sebelum pelantikan, Presiden Joko Widodo mengumumkan kepada publik mengenai penyegaran Kabinet Kerja. Dalam keterangannya, dirinya menekankan perombakan kabinet yang dilakukannya dimaksudkan sebagai upaya penguatan kinerja pemerintahan.

“Semangat perombakan kabinet kerja ini adalah penguatan kinerja pemerintahan. Kabinet yang bekerja cepat dalam tim yang solid dan kompak, kabinet yang bekerja untuk rakyat memberikan manfaat yang nyata dan dirasakan oleh rakyat,” terang Presiden.

Bersamaan dengan pelantikan sejumlah menteri Kabinet Kerja, Presiden Joko Widodo juga melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang baru dengan mendasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 84/P Tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

IMG-20160727-WA0027

Foto : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Adapun nama-nama menteri dan kepala lembaga negara yang diangkat dalam pelantikan tersebut ialah:
1. Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman
2. Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala Bappenas
3. Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang
4. Thomas Trikasih Lembong sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal
5. Wiranto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan
6. Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan
7. Eko Putro Sanjoyo sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
8. Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan
9. Muhajir Efendi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
10. Enggartiasto Lukita sebagai Menteri Perdagangan
11. Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian
12. Archandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
13. Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pejabat tinggi negara hadir dalam pelantikan tersebut. Tampak hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Tito Karnavian, Ketua DPR Ade Komarudin, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang dan Hidayat Nur Wahid, Kepala BIN Sutiyoso, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama, Ketua Partai NasDem Surya Paloh, serta sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Acara pelantikan tersebut ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada keduanya. Ucapan selamat pertama kali diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo kemudian diikuti oleh para pejabat yang hadir dalam ruangan pelantikan.

Jakarta, 27 Juli 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin