SIARAN PERS – Dalam hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Utara, Sabtu 20 Agustus 2016, Presiden Joko Widodo telah dinanti sejumlah agenda yang cukup padat. Mengawali agenda kunjungan kerja kali ini, Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo diagendakan untuk melakukan groundbreaking pembangunan perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Presiden bertolak menuju Tapanuli Tengah dengan menggunakan pesawat CN-295 TNI AU melalui Bandara Binaka, Kabupaten Nias.

Setibanya di Bandara Dr. Ferdinan Lumban Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, Presiden dan rombongan akan disambut oleh Pejabat Bupati Tapanuli Tengah beserta istri. Dalam perjalanan menuju Kota Sibolga, Presiden akan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Setibanya di lokasi groundbreaking, Presiden diagendakan untuk memberikan sambutannya sekaligus meresmikan pembangunan perluasan Pelabuhan Sibolga. Usai peresmian, Presiden dan rombongan akan melakukan peninjauan Dermaga Pelabuhan Sibolga sebelum kembali menuju Bandara Dr. Ferdinan Lumban Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk melaksanakan agenda berikutnya.

Dari Bandara Dr. Ferdinan Lumban Tobing, Presiden dan rombongan kemudian bertolak menuju Bandar Udara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara dengan waktu tempuh sekira 45 menit. Setelahnya, rombongan kepresidenan akan langsung menuju Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, dengan berkendaraan mobil. Di sana, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo direncanakan untuk menanam 2.500 bibit pohon Durian Sidikalang (Durian Lokal) bersama dengan masyarakat Desa Parparean.

Usai kegiatan tersebut, Presiden dan rombongan diagendakan untuk langsung menuju Hotel Inna Parapat, Danau Toba, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun dengan berkendaraan mobil. Mengakhiri rangkaian kegiatan pada hari ini, Presiden bersama sejumlah anggota Kabinet Kerja akan melaksanakan Rapat Terbatas di hotel tersebut.

Nias, 20 Agustus 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin