SIARAN PERS – Dalam partai final, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mampu mengungguli pasangan Malaysia dengan dua set langsung.

Medali emas pertama Indonesia dalam gelaran Olimpiade Rio de Janeiro akhirnya datang. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sukses membuat lagu Indonesia Raya berkumandang.

Presiden Joko Widodo yang sebelumnya ikut mendoakan kesuksesan keduanya pun gembira. Melalui akun Twitter pribadinya, Presiden memberikan selamat kepada pasangan tersebut.

“Akhirnya, kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016. Medali emas dari Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir. Selamat! -Jkw,” cuitnya pada 18 Agustus 2016 sekitar pukul 00:22 WIB.

Menteri Olahraga Imam Nahrawi pun larut dalam kegembiraan. Sejak awal, Imam yakin bahwa Indonesia mampu membawa pulang emas dalam gelaran olimpiade kali ini.

“Alhamdulillah, emas. Terima kasih Owi. Terima kasih Butet. Indonesia bangga INDONESIAq #RI71 #IndonesiaBisaEmas,” cuit Imam.

Pasangan yang biasa disapa dengan sebutan Owi dan Butet itu memastikan emas usai mengungguli pasangan Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying. Pasangan nomor tiga dunia ini memastikan medali emas dengan skor 21-14 dan 21-12 dalam laga yang bergulir selama 45 menit.

Tradisi emas olimpiade dari cabang bulu tangkis sempat terhenti pada gelaran olimpiade empat tahun sebelumnya. Tapi kini Owi dan Butet berhasil memperbaikinya dan menjadi yang terbaik di nomor ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio de Janeiro 2016.
Jakarta, 18 Agustus 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin