Foto: Intan_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

SIARAN PERS – Presiden Joko Widodo memberikan instruksi kepada staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada Warga Negara Indonesia yang berada di Korea Selatan. Instruksi tersebut disampaikan langsung oleh Presiden saat memberikan sambutan pada jamuan santap siang bersama di KBRI Seoul, Selasa 17 Mei 2016.

“Layani sebaik-baiknya karena saya sering mendengar ada pelayanan yang tidak baik,” instruksi Presiden.

Informasi mengenai kurang maksimalnya pelayanan tersebut didapat langsung oleh Presiden dari warga negara yang merasa tidak puas dengan pelayanan dari KBRI yang berada di suatu negara. “Tapi bukan di sini,” tambahnya.

Pelayanan sebuah kedutaan besar dapat dinilai dari banyak tidaknya keluhan warganya. Menurut Presiden Joko Widodo, bila terdapat banyak keluhan, berarti terdapat masalah di dalam pelayanan.

“Kita memang harus membalikkan pola pikir bahwa apapun tugas kita di sini adalah melayani mereka. Kesukaran-kesukaran mereka harus dicarikan solusi,” ucap Presiden.

Presiden kemudian menyerukan agar pelayanan dapat ditingkatkan dengan menggunakan sistem IT untuk mengurangi beban kerja.

“Kalau sistem pelayanan itu bisa dilakukan secara online setidaknya itu bisa mengurangi beban kerja dari pelayanan-pelayanan yang lain,” tandas Presiden sekaligus menutup sambutannya.

 

17 Mei 2015
Tim Komunikasi Presiden
Ari Dwipayana