Foto: Laily_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

SIARAN PERS – Memasuki hari kedua di Rancho Mirage, California, Presiden Jokowi disibukkan dengan jadwal yang sangat padat mulai dari pertemuan bilateral dengan Presiden Laos dan Vietnam hingga acara di KTT ASEAN-AS.

Namun sebelum acara pertemuan bilateral dimulai, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk  menerima sejumlah jurnalis dari berbagai media di negara ASEAN yang hadir untuk meliput KTT ASEAN-AS. Jurnalis yang hadir berasal dari beberapa negara antara lain dari Laos, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Ketika bertemu dengan para jurnalis ASEAN itu, Presiden Jokowi menyampaikan  perubahan-perubahan mendasar yg dilakukan Indonesia dalam satu tahun terakhir terutama percepatan pembangunan infrastruktur dan kebijakan deregulasi ekonomi yang telah dikeluarkan melalui paket ekonomi I  sampai dengan paket ekonomi X yang ditujukan untuk menarik investor agar meningkatkan investasinya di Indonesia.

“Saya tunjukkan pada anda beberapa proyek infrastruktur kami di antaranya Jalan Tol Trans Sumatera, yang dimulai tahun lalu,” kata Presiden Jokowi. Selain itu ada proyek irigasi, proyek Pelabuhan Priok, Pelabuhan Kuala Tanjung, MRT di Jakarta, Trans Sulawesi Railways, Indonesia Malaysia Border Road (Kalimantan), Indonesia Papua Nugini Border Road (Papua), hingga pembangkit listrik untuk target 35.000 MW.

Selain menyampaikan percepatan pembangunan infrastruktur dan deregulasi, Presiden Jokowi juga sempat secara singkat menjawab sejumlah pertanyaan mulai dari soal TPP hingga posisi Indonesia dalam konflik Laut Tiongkok Selatan.

Jurnalis  ASEAN Kagumi Presiden Jokowi

Nguyen Thu Ha dari  Vietnambet online newspaper, Ninnya Calleja dari Filipina yang ditemui selepas pertemuan dengan Presiden Jokowi menyatakan kekaguman mereka atas sosok Presiden Jokowi yang dinilai sangat friendly, bersahaja dan merakyat.

Nattha Komolvathin dari Thai Public Broadcasting Service juga mengaku sangat senang bertemu dengan Presiden Jokowi dan berpendapat Tidak banyak Presiden yang seperti Jokowi yang sangat dekat dengan media. ‎‎

 

Idian Wells, 15 Februari 2016

Tim Komunikasi Preside