SIARAN PERS – Melalui para Youtubers, Presiden memberikan pesan bagi calon pemimpin Indonesia di masa datang.
Inspirasi itu bisa datang dari mana saja. Bahkan, keseharian masyarakat kecil pun bisa memberikan inspirasi tersendiri. Setidaknya hal tersebut yang mampu menginspirasi seorang Presiden Joko Widodo.

Selasa, 9 Agustus 2016, Presiden Joko Widodo kedatangan sejumlah tamu yang tidak biasanya. Sebanyak 13 muda-mudi yang kompak berkemeja putih datang memenuhi undangan Presiden Joko Widodo.

Siang itu, Presiden memang menyempatkan diri untuk berdiskusi sejenak dengan sejumlah Youtubers Tanah Air. Tampak di antara mereka Fathia Izzati, Arief Muhammad, Cheryl Raissa Alfaruqi, Natasha Farani Attamimi, serta kakak beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez. Kamera yang menjadi senjata utama para Youtubers tersebut tak lepas sekalipun dari genggaman mereka.

Presiden Joko Widodo dengan ramah melayani permintaan sejumlah Youtubers untuk merekamnya melalui kamera yang mereka bawa. Fathia Izzati misalnya, ia menanyakan mengenai sosok yang menginspirasi Presiden Joko Widodo dalam kesehariannya.

“Kalau kita lihat di masyarakat, justru inspirasi di sana yang banyak. Pagi-pagi Subuh coba lihat di pasar. Banyak pedagang yang sudah sejak tengah malam sampai Subuh bekerja untuk melayani warga. Itu menginspirasi,” jawab Presiden.

Inspirasi kedua datang dari para nelayan. Menurut Presiden, kerja hebat yang ditunjukkan para nelayan benar-benar memberikan kekuatan dan ide yang besar baginya.

“Kalau kita lihat di pantai, malam-malam nelayan mulai melaut. Mereka sangat hebatnya bekerja keras untuk melayani warga. Bertaruh nyawa sebetulnya, ombaknya besar-besar,” imbuhnya.

Pasangan kakak beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez pun tak mau kalah. Keduanya meminta Presiden Joko Widodo untuk memberikan pesan kepada calon-calon Presiden Indonesia di masa datang. Presiden pun berpesan agar calon pemimpin Indonesia kelak benar-benar mau mendengarkan suara rakyat.

“Mau mendengar suara rakyat. Bisa lewat mana saja, bisa ketemu langsung, bisa lewat media,” pesan Presiden.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang beberapa kali menyempatkan diri untuk sekedar berbincang dengan para pegiat media sosial. Mereka yang aktif di blog Kompasiana dan media sosial Twitter misalnya, pernah diundang oleh Presiden Joko Widodo untuk datang ke Istana.

Presiden Joko Widodo juga diketahui menggunakan sejumlah media sosial. Twitter, Facebook, dan Instagram adalah media sosial tempat Presiden biasa berinteraksi dengan para netizen. Belakangan ini, Presiden pun mulai aktif untuk mengunggah video melalui channel YouTube resminya yang dapat disaksikan melalui tautan berikut:

http://www.youtube.com/jokowi
Jakarta, 10 Agustus 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi

Bey Machmudin