Foto: Kris_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

SIARAN PERS – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb  beserta  Majelis Hukama Al Muslimin di Istana Merdeka, Senin 22 Februari 2016. Dalam pertemuan ini, Presiden menyampaikan apresiasinya kepada Grand Syekh Al-Azhar atas perkenannya berkunjung ke Indonesia.

Foto: Kris_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden
Foto: Kris_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

Presiden didampingi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shibab, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi, dan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir.

“Presiden sampaikan selamat datang dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan beliau menerima undangan pemerintah Indonesia untuk berkunjung,” kata Presiden sebagaimana disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang memiliki kedekatan dengan Indonesia dikarenakan banyaknya jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di sana, Presiden mengharapkan agar Syekh dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat muslim Indonesia dalam kunjungannya kali ini. “Secara khususnya Bapak Presiden sampaikan Syekh untuk dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat muslim di Indonesia dalam kunjungan ini dan seterusnya dapat membimbing mahasiswa Indonesia di Mesir di bawah Al-Azhar untuk kembali sebarkan paham islam yang moderat, jauh dari ekstremisme,” ucap Alwi Shihab.

Pada pertemuan tersebut, Presiden juga mengucapkan terima kasih atas beasiswa yang diberikan oleh Al-Azhar kepada mahasiswa Indonesia yang berjumlah sekitar 3500 mahasiswa dan utusan dai dari Al-Azhar yang pada tahun ini berjumlah 32 dai yang memberikan pencerahan kepada masyarakat muslim di Indonesia. Presiden juga berjanji akan berkunjung ke Mesir sebagai kunjungan balasan Presiden al-Sisi yang sudah mengunjungi Indonesia.

Foto: Kris_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden
Foto: Kris_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

Dalam lawatannya ke Indonesia, Grand Syekh Ahmad MUhammad Ahmad Ath-Thayyeb dijadwalkan akan menghadiri sejumlah kegiatan yaitu melakukan pertemuan dan Tokoh-tokoh Islam di Indonesia, memberikan kuliah umum dan pertemuan dengan para Alumni Al Azhar di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Grand Syekh juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan keluarga besar pondok pesantren modern Darussalam Gontor, sekaligus pembukaan perayaan 90 tahun pondok tersebut.

Sekilas mengenai Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb, Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb al-Asy’ari, al-Maliki, al-Khalwati. Al-Asy’ari adalah mazhab akidahnya, Maliki mazhab fikihnya, dan Khalwati tarekat Sufi tempatnya bernaung.  Beliau lahir di Qena, Mesir, pada tahun 1946. Silsilah keturunannya sampai kepada Hasan bin Ali bin Abu Thalib.

 

 

Jakarta, 22 Februari 2016

Tim Komunikasi Presiden