SIARAN PERS – IMG-20160505-WA0018 IMG-20160505-WA0024Guna mencegah berulangnya penyanderaan di wilayah perairan perbatasan Indonesia dengan beberapa negara sekitar, Presiden Joko Widodo akan menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri dan Panglima Tentara Nasional dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina di Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada hari kedua kunjungan ke Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Kamis 5 Mei 2016.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pernyataan Presiden di Istana Bogor, Minggu 1 Mei 2016 yang lalu, bahwa akan dilakukan pertemuan antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina, untuk membahas isu keamanan perairan di kawasan tiga negara tersebut. “Oleh karena itu akan diadakan pertemuan pada 5 Mei ini antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina,” kata Presiden.

Pertemuan yang akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri dan Panglima Tentara Nasional dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina ini dilakukan terkait situasi keamanan perairan di kawasan ASEAN, khususnya di perbatasan ketiga negara, yang terganggu dengan adanya aksi pembajakan kapal oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf.

Pemerintah saat ini masih terus bekerja keras untuk membebaskan 4 WNI yang masih disandera. “Saat ini, kita masih terus bekerja keras untuk pembebasan 4 ABK WNI yang lainnya,” kata Presiden beberapa waktu lalu.
Yogyakarta, 5 Mei 2016
Tim Komunikasi Presiden
Ari Dwipayana