SIARAN PERS – Sebelum meninggalkan Sibolga untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Utara, Presiden Joko Widodo membagikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak-anak balita, ibu hamil, anak sekolah, penyandang disabilitas, lansia dan kader posyandu di halaman Puskesmas Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sabtu 20 Agustus 2016.

IMG-20160822-WA0017
Foto : Kris, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara simbolis meyerahkan PMT kepada beberapa perwakilan. Rafli, seorang siswa SD yang langsung melahap biskuit yang diberikan oleh Presiden. “Gimana rasanya? Enak?” tanya Presiden. “Enak,” jawab Rafli.

IMG-20160822-WA0018
Foto : Kris, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Kepada Delma, seorang ibu hamil, Presiden mengatakan agar PMT yang diterima dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Supaya anaknya sehat dan _pinter_. Tapi jangan ini saja, tambahkan telur, ikan. Sayurnya misalnya, singkong, kangkung‎,” kata Presiden.

“PMT ini makanan tambahan untuk pendamping ASI ibu,” ujar Presiden.

Setelah membagi-bagikan PMT, Presiden mengatakan akan memberikan sepeda tapi harus menjawab terlebih dahulu pertanyaan yang diajukan dirinya. Memang siang itu, tampak terlihat tiga sepeda berada di sisi kiri halaman Puskesmas.

Presiden memanggil salah seorang warga yang tengah menggendong anaknya. Nona Emilia, nama warga tadi.

“Berapa usia anak ini?” tanya Presiden. “Mau 5 bulan,” jawab Nona.

“Anak ini selama ini diberi makan apa saja?‎” ucap Presiden. “ASI saja,” jawab Nona. ” _Bener_ ya, ya _udah_ ambil sepedanya,” ucap Presiden.

Erni seorang ibu yang memiliki anak berusia tiga tahun‎ ditanya Presiden untuk menyebutkan tiga makanan yang bergizi. “Nasi, sayur, lauk pauk, susu,” jawab Erni. “Lauk pauknya apa?” tanya Presiden. “Ikan, telor, tempe,” jawab Erni. Untuk sayuran, Erni menyebutkan kangkung, bayam, daun ubi‎. “Ambil sepedanya,” kata Presiden.

IMG-20160822-WA0019
Foto : Kris, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Imelda seoang ibu yang telah memiliki 3 anak, terpilih untuk menjawab pertanyaan Presiden tentang 3 jenis imunisasi untuk anak. “Polio, campak dan DPT,” jawab Imelda. “Ambil sepedanya,” ucap Presiden.

Turut mendampingi Presiden pada acara tersebut, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.‎ Usai membagikan tiga sepeda tersebut, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bandara Dr Ferdinan Lumban Tobing.

Sibolga, 20 Agustus 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin‎