SIARAN PERS – Usai menempuh perjalanan selama sekira satu jam dari Bandara Internasional ‎Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, ‎Pesawat CN-295 TNI AU yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Binaka, Kabupaten Nias, tepat pukul 11.37 WIB.

IMG-20160819-WA0011

Foto : Kris, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Presiden dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Masjid Jami Ilir, Kabupaten Nias dengan berkendaraan mobil.‎ Saat berjalan menuju masjid, Presiden Joko Widodo yang siang itu tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berkopiah hitam, menyapa warga yang telah menanti kehadiran dan juga mengelukan namanya.

Usai Shalat Jumat, Presiden berbaur dan menyapa warga sekitar. Tak sedikit dari mereka yang mengajak Presiden untuk swafoto bersama. Tampak juga di antaranya para ibu dan anak yang berebut ingin bersalaman.

Melihat kehadiran sejumlah pelajar yang masih mengenakan seragam sekolah, Presiden pun langsung bergegas membagikan buku yang memang telah dipersiapkan sebelumnya. Sejumlah pelajar tersebut dengan tertib membuat antrean yang dipandu oleh Pasukan Pengamanan Presiden.

IMG-20160819-WA0010

Foto : Kris, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Dari lokasi tersebut, Presiden langsung bertolak menuju pendopo Kabupaten Nias untuk beristirahat sejenak sebelum melaksanakan agenda kerja berikutnya. Sepanjang perjalanan menuju pendopo, warga sekitar sangat antusias melihat kehadiran Presiden dari dekat. Antusiasme tersebut ditunjukkan mereka dengan berkerumun dan mengiringi laju kendaraan yang ditumpangi oleh Presiden.

‎Sore nanti, Presiden akan‎ meninjau kawasan area pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Idanoi di Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. Setelahnya, dirinya akan singgah di Posyandu Kampung Narako, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Di sana, Presiden bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menemui warga sekitar dan membagikan paket bantuan.

Presiden dan rombongan direncanakan untuk berada di Provinsi Sumatera Utara hingga Senin, 22 Agustus 2016. Presiden dan Ibu Iriana juga diagendakan untuk berkunjung ke Sibolga dan menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.
Nias, 19 Agustus 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin