SIARAN PERS – Pemerintah menghormati proses hukum dan penindakan perilaku korupsi terhadap siapapun

Pemberantasan perilaku korupsi benar-benar dijunjung tinggi oleh pemerintah Indonesia. Tak pandang bulu, semua pihak adalah sama di mata hukum. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangannya terkait operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap seorang anggota DPD yang identitasnya masih belum diungkap.

“Pada kesempatan kali ini saya menegaskan sekali lagi, stop korupsi. Untuk siapapun,” tegas Presiden menjawab pertanyaan jurnalis usai acara Pemberian Makanan Tambahan di Dusun Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, pada Sabtu 17 September 2016.

Pemerintah juga berkomitmen untuk tidak mencampuri proses hukum yang dilakukan oleh KPK dalam upayanya untuk memberantas korupsi di Indonesia. Presiden Joko Widodo menyebut dirinya sangat menghormati proses hukum yang sedang berlangsung.

“Saya menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK terhadap siapapun. Dan saya meyakini bahwa KPK dalam menangani sesuai dengan kewenangannya dan sangat profesional,” jelas Presiden.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Raharjo, membenarkan penyidiknya telah menangkap seorang anggota DPD. Namun, sampai dengan saat ini, KPK belum mengungkapkan identitas anggota DPD yang dimaksud.
Bandung, 17 September 2016
Kepada Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin