SIARAN PERS – Semasa hidupnya, Adi Sasono dikenal sebagai tokoh LSM dan aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan

Usai menghadiri acara Hari Pramuka ke-55 dan Peresmian Pembukaan Jambore Nasional X Tahun 2016 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Minggu 14 Agustus 2016, Presiden Joko Widodo langsung melayat ke rumah duka Mantan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono.

Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di rumah duka di Jalan Swakarya Bawah No 1, Jakarta Selatan, sekitar pukul 11.45 WIB. Kedatangan keduanya diterima langsung oleh istri almarhum, Mala Maria Adi Sasono.

IMG-20160815-WA0030

Foto : Cahyo, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Setelah berdoa di hadapan jenazah Adi Sasono, Presiden Jokowi menyempatkan diri mengikuti sholat jenazah yang dipimpin oleh tokoh pendidikan Arif Rahman.

Presiden Joko Widodo mengenang Adi Sasono sebagai seorang yang berjuang dengan gigih bagi kemajuan pertanian dan koperasi di Indonesia.

“Beliau adalah pejuang di bidang usaha kecil terutama di pertanian dan koperasi. Sampai terakhir beliau seperti itu,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden juga menyatakan sudah mengenal dirinya cukup lama. “Saya kenal beliau Adi Sasono waktu sejak usaha saya masih kecil. Pernah ke tempat usaha saya. Waktu menjabat walikota juga masih sambung. Apalagi saat saya jadi Gubernur juga sering ketemu,” imbuhnya.

Semasa hidupnya, Adi Sasono merupakan mantan Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan, juga dikenal sebagai tokoh LSM dan aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya. Selain itu, almarhum juga dikenal sebagai tokoh Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN).

Almarhum Adi Sasono meninggal dunia pada Sabtu 13 Agustus 2016 pukul 17.20 WIB, setelah menjalani perawatan di rumah sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jenazah Adi Sasono dimakamkan hari ini Minggu, 14 Agustus 2016 di TPU Tanah Kusir Jakarta.
Jakarta, 14 Agustus 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin