SIARAN PERS – Presiden Joko Widodo ingin memastikan persiapan penyelenggaraan Asian Games ke-18 berjalan dengan baik. Untuk itulah, Presiden memimpin Rapat Terbatas tentang Persiapan Penyelenggaraan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Kantor Presiden. “Saya harapkan setelah ini maraton setiap minggu harus ada rapat-rapat, mana yang belum beres segera diputuskan, mana yang belum rampung segera dirampungkan,” ujar Presiden.

Pada tahun 2016, Presiden  berharap venue atau lapangan yang digunakan sudah tidak menjadi masalah. Cabang olahraga pada Asian Games ke-18 ini akan dipertandingkan di Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Presiden meminta agar kesiapan yang dilakukan harus dilihat secara detil mengingat waktu yang sudah dekat. “Terutama yang berkaitan dengan venue-venue yang perlu dirombak total, direnovasi,” ujar Presiden.

Foto: Rusman_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

Foto: Rusman_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

Foto: Rusman_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

Foto: Rusman_Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden

Mengingat bahwa Asian Games ini adalah event internasional, Presiden meminta perencanaan dilakukan dengan matang dan dari sisi pengorganisasian harus detil. “Saya minta agar semuanya dalam kondisi matang, mempercepat pembangunan infrastruktur sarana prasarana yang digunakan untuk bertanding, untuk penginapan para atlit dan official juga,” kata Presiden.

Presiden mengingatkan tentang kesiapan bandar udara dan sarana transportasi umum lainnya agar tidak luput dari perhatian persiapan penyelenggaraan Asian Games ke-18. “Kira-kira penggunaanya seperti apa dan juga apabila diperlukan payung hukum dalam kaitan dengan dukungan kementerian/lembaga dan instansi dalam rangka penyelenggaraan Asian Games juga segera diajukan konsepnya,” ucap Presiden.

Presiden meminta semua bekerja cepat mengingat masih ada waktu untuk melakukan cek dan ricek. “Jangan lagi rutinitas yang monoton, business as usual, cari percepatan-percepatan, terobosan-terobosan. Saya ingin hajatan besar ini dilaksanakan maksimal, tidak setengah-setengah. Saya berharap betul sebuah keberhasilan Asian Games 2018,” kata Presiden.

 

Jakarta, 11 Desember 2015

Tim Komunikasi Presiden