SIARAN PERS – Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan atas komitmen India kepada ASEAN melalui Act-East Policy pada KTT ke-13 ASEAN-India yang dilaksanakan di Convention Hall 1 Kuala Lumpur Convention Center, Sabtu, 21 November 2015.

Dalam kesempatan ini, Presiden menyampaikan observasi terhadap dua isu utama yang harus dijalankan. Pertama, menurut Presiden, India merupakan mitra kerjasama maritim. “Kerjasama ASEAN-India di bidang maritim akan berikan kontribusi terhadap keamanan kawasan,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi juga menghargai dukungan India atas rancangan East Asia Summit (EAS) Statement on Enhancing Regional Maritim Cooperation yang diprakarsai Indonesia, untuk disepakati pada KTT ke-10 Asia Timur. Dan sebagai Ketua IORA 2015-2017, kata Presiden, ”Indonesia ingin memastikan bahwa kerjasama maritim termasuk keamanan maritim dapat tercapai.”

Isu kedua yang diobservasi Indonesia adalah terkait peningkatan kerjasama ekonomi. Dalam hal ini, Presiden menegaskan pentingnya keterlibatan UMKM. Presiden Jokowi juga berpendapat bahwa, “Kerjasama di bidang IT dan pengembangan obat-obatan disarankan untuk diarusutamakan.” Disamping itu, target perdagangan USD 200 milyar diupayakan terpenuhi tahun 2020.

 

 

21 November 2015

Tim Komunikasi Presiden