SIARAN PERS – Serangan teror bom yang terjadi di Mapolresta Solo, kampung halaman Presiden Joko Widodo, tak membuat agenda kunjungan kerja Presiden di Padang mengalami perubahan. Sebaliknya, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo turun dan langsung menyapa warga di empat lokasi sekaligus untuk bersilaturahim dan membagikan paket bantuan bahan pokok pada Selasa 5 Juli 2016.

IMG-20160705-WA0029

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Keempat lokasi yang dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Padang kali ini secara berurutan ialah perkampungan nelayan di Kampung Purus (Kecamatan Padang Barat, Kota Padang), Kampung Ulak Karang Utara (Kecamatan Padang Utara, Kota Padang), Kampung Tengah (Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman), dan di sekitar halaman SD Negeri 10 (Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman).

IMG-20160705-WA0031

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana tiba di perkampungan nelayan sekitar pukul 10.05 WIB. Panas yang terik tak menghalangi warga setempat yang telah bersiap menyambut kedatangan Presiden. Presiden pun menyalami satu per satu warga yang berebut ingin berjabat tangan dengannya. Tampak mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, Ketua DPD RI Irman Gusman, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Di sana, sejumlah paket bantuan bahan pokok dibagikan langsung oleh Presiden kepada warga sekitar di pelataran Mushala Al-Muttaqim. Sementara sebagian besar anak-anak nampak berbaris rapi untuk mendapatkan buku tulis yang juga dibagi-bagikan oleh Presiden. Sekira 1.000 paket bahan pokok telah disiapkan untuk warga di perkampungan nelayan tersebut.

Presiden kemudian beranjak menuju Kampung Ulak Utara yang berjarak sekira 4 kilometer dari Kampung Purus. Kerumuman warga di daerah pesisir tersebut sudah nampak ketika Presiden Joko Widodo tiba di lokasi. Di sana, Presiden membagikan paket bahan pokok kepada warga setempat yang telah berkumpul di sekitar halaman Mushala Kalawi. Sekitar 1.000 paket bantuan juga disiapkan untuk warga kurang mampu di kampung ini. Sebelum meninggalkan lokasi, Presiden menyempatkan diri untuk melayani permintaan foto bersama beberapa warga.

IMG-20160705-WA0028

Foto : Rusman, Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Melanjutkan kunjungannya, Presiden langsung bergerak ke arah utara menuju Kampung Tengah, Korong Talao Mundam, Nagari Kataping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Antusiasme yang ditunjukkan oleh warga di kampung ini pun tak kalah dengan warga di lokasi sebelumnya. Paspampres dibuat cukup kewalahan dengan antusiasme warga yang ingin melihat lebih dekat dengan sosok Presiden Joko Widodo. Di sana, Presiden membagikan paket bantuan bahan pokok dan juga buku tulis kepada warga dan anak-anak setempat.

Sekitar pukul 11.55 WIB, Presiden dan rombongan tiba di halaman SD Negeri 10, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, yang letaknya tidak berjauhan dengan Kampung Tengah. Di lokasi tersebut, sudah menunggu dengan teratur warga setempat yang sebagian besar terdiri dari para manula. Presiden yang saat itu hampir tidak berjarak dengan warga setempat membuatnya leluasa untuk menyapa warga. Sama seperti lokasi lainnya, sejumlah 1.000 paket bahan pokok juga disiapkan untuk warga di kampung ini. Sebelum meninggalkan lokasi untuk kembali ke penginapan, Presiden menyempatkan diri untuk memeriksa keadaan salah satu ruang kelas di SDN 10 tersebut.

Malam hari ini, Presiden diagendakan untuk mengikuti takbir akbar dengan masyarakat sekitar.

Padang, 5 Juli 2016
Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bey Machmudin