Usai menyelesaikan rangkaian agenda kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok, Presiden Joko Widodo, Selasa 9 September 2016, diagendakan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Laos.

KTT ASEAN ke-28 dan ke-29 ini sendiri akan dibuka secara resmi di National Convention Centre (NCC) sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam upacara pembukaan tersebut, Presiden Joko Widodo akan foto bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya.

KTT ASEAN ke-28 akan membahas tentang pembangunan komunitas ASEAN, khususnya penggelaran Visi ASEAN 2025 dan tiga rencana induk. Sementara itu, dalam KTT ke-29 yang akan digelar esok hari dan merupakan sidang terbatas, para pemimpin ASEAN akan membahas tentang hubungan luar negeri ASEAN dan orientasi ASEAN pada masa depan. Para pemimpin ASEAN juga akan membahas masalah-masalah regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Usai pelaksanaan KTT ASEAN ke-28, Presiden Joko Widodo beserta pemimpin ASEAN lainnya diagendakan untuk menandatangani dokumen ‘The ASEAN Declaration on One ASEAN, One Response: ASEAN Responding to disasters as one in the Region and outside the Region’. Setelahnya, Presiden akan langsung menghadiri ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sekitar pukul 16.40 WIB, Presiden akan menghadiri ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth. Mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Agenda kegiatan Presiden kemudian akan dilanjutkan dengan menghadiri ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council (ABAC). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong.

Rangkaian kegiatan Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini akan diakhiri dengan menghadiri ‘welcoming dinner’ oleh Perdana Menteri Republik Demokrasi Rakyat Laos (Ketua ASEAN 2016), Thonglouin Sisoulith dan istrinya Naly Sisoulith. Acara tersebut akan digelar di Convention Hall, Hotel Don Chan Palace, Vientiane, Laos.