Kamis, 1 Desember 2016, Ibu Iriana melakukan peninjauan Pelatihan Akbar Guru PAUD di Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 1.500 guru dari seluruh Provinsi Sumatera Barat tersebut, mendapat apresiasi yang tinggi dari Ibu Negara. Dengan bangga, Ibu Iriana mengucapkan terima kasih atas kesadaran dan kehadiran para guru dalam pelatihan tersebut dengan mengucapkan salam istimewa.

“Selamat siang Ibu-Ibu Guru istimewa,” sapa Ibu Iriana kepada ribuan guru yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana beserta rombongan turut menyaksikan pembacaan puisi dalam bahasa Minang yang dipersembahkan oleh sejumlah perwakilan guru PAUD. Ibu Iriana pun mengapresiasi kebhinekaan Indonesia yang tetap terjaga walaupun terdiri dari keberagaman budaya dan bahasa daerah.

“Tadi juga ada puisi dengan bahasa Minang, tapi tadi Ibu Gubernur telah menjelaskan, alhamdulillah biarpun kita berbeda bahasa, suku, agama tetapi kita tetap satu,” ujar Ibu Iriana.

di sumbar

Selain itu, Ibu Iriana juga merasa bangga atas antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan yang tidak hanya diikuti oleh para guru namun juga para pengelola Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK) hingga PAUD. “Berarti disini tidak hanya guru saja, tetapi juga pengelola sekolah,” imbuhnya.

Disela-sela peninjauan, Ibu Iriana menyempatkan diri melakukan sesi tanya jawab dengan sejumlah guru, salah satunya adalah tentang cara para guru menerapkan pendidikan karakter usai mengikuti pelatihan.

“Saya ingin menerapkan apa yang saya dapatkan hari ini, karena untuk sekarang ini terus terang dari karakter anak-anak sekarang ini sangat terpengaruh oleh media dan budaya. Dan itu menjadi PR (pekerjaan rumah) juga bagi kita, karena menurut saya gurunya dulu yang harus berkarakter sebelum kita memberi (pendidikan) karakter ke anak-anak,” jawab Sri Utami guru PAUD asal Jawa Tengah yang telah 14 tahun mengajar di PAUD Mardatillah, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

di sumbar 2

Sebagai apresiasi, Ibu Iriana memberikan bingkisan kepada para guru yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan. Sebelum meninggalkan tempat acara, Ibu Iriana beserta seluruh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) menyanyikan lagu berjudul ‘Terima Kasih Guru’ yang dipersembahkan untuk guru-guru istimewa di Provinsi Sumatera Barat dan seluruh Indonesia.

_*Bernyanyi Bersama Anak-Anak*_

Sebelumnya, Ibu Iriana beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Qatrinnada yang berlokasi di Harka Pasir Permai A1 Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dengan menggunakan bus.

Tiba di lokasi, Ibu Iriana meninjau beberapa ruang kelas yang ada di PAUD Qatrinnada. Di dalam kelas, Ibu Iriana berinteraksi dengan anak-anak sambil bernyanyi bersama sejumlah lagu anak-anak.

di sumbar 4

Sesekali Ibu Iriana meminta satu per satu siswa untuk bernyanyi sendiri dan memberikan sejumlah buku tulis sebagai hadiah atas keberanian para siswa tampil di hadapan para tamu dan teman-teman sekelasnya.

Usai melakukan peninjauan, Ibu Iriana memberikan bantuan paket tas sekolah secara simbolis kepada Kepala Sekolah PAUD Qatrinnada, Ibu Azimah Nizar dan 2 orang perwakilan siswa PAUD Qatrinnada.

Adapun keseluruhan bantuan yang diberikan adalah sejumlah 77 paket (tas, buku,boneka), 1 paket papan luncur dan papan ayun, 1 paket Alat Peraga Edukasi, serta 3 set Pedoman Implementasi Kurikulum PAUD (1 set isi 10 buku)

Turut mendampingi Ibu Iriana Joko Widodo antara lain Ibu Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Ibu Siti Atikoh Ganjar Pranowo dan sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK.