Kembali, Presiden Joko Widodo mengamati perputaran roda perekonomian dengan mengunjungi mal di Balikpapan, sembari mensosialisasi program tax amnesty tahap kedua.

Presiden Joko Widodo menghebohkan pengunjung e-Walk yang berada di kawawan Balikpapan Superblock yang tengah menghabiskan waktu akhir pekannya. Di luar agenda resmi, Presiden Joko Widodo blusukan ke Balikpapan Super Blok, pada Minggu, 4 Desember 2016 sekira pukul 20.05 WITA.

Blusukan ke mal ini dimanfaatkan Presiden untuk melihat langsung kondisi perekonomian masyarakat Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan. Hal ini dikarenakan sejumlah harga komoditas yang mulai meningkat setelah mengalami penurunan beberapa waktu yang lalu.

“Kita tahu semuanya bahwa harga komoditas sekarang ini turun, tapi ini sudah mulai bergerak naik, sedikit mulai baik yang berhubungan dengan batu bara, minyak juga sedikit naik. Sehingga saya ingin memastikan lihat ekonomi di Kalimantan Timur, terutama di Balikpapan seperti apa,” ucap Presiden setelah berkeliling mal.

Melihat kondisi pusat perbelanjaan yang cukup ramai, Presiden Joko Widodo pun optimis bahwa masyarakat Indonesia tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi global yang melambat.

balikpapan 3

“Kalau saya melihat tadi keramaian di pusat ekonomi, saya kira pergerakan ekonomi kelihatan. Ini bukan hanya sebuah harapan tapi optimisme yang ditunjukkan oleh masyarakat meskipun global ekonomi mengalami perlambatan tapi ekonomi kita mentalnya masih baik,” terang Presiden Joko Widodo.

Setiba di pusat perbelanjaan tersebut, Presiden Joko Widodo yang didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, langsung menyusuri setiap lantai mal dan memasuki sejumlah pertokoan. Warga Balikpapan pun memanfaatkan momen langka tersebut dengan mengabadikannya melalui kamera telepon seluler.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo membeli sejumlah pakaian dalam dan sandal yang akan digunakan untuk dirinya dan juga anak-anaknya.

“Tadi beli sandal sama kaos dalam. Kaos dalamnya enam, sandalnya satu. Yang satu buat anak, yang satu buat saya. Yang tiga untuk saya, tiga untuk anak,” ujar Presiden Joko Widodo saat ditanya para jurnalis usai berbelanja.

balikpapan 4

Geliat ekonomi yang ditunjukkan masyarakat Kalimantan Timur di e-Walk Balikpapan Superblok belum sejalan dengan deklarasi aset yang dilaporkan oleh para wajib pajaknya. Padahal komoditas alam yang dimiliki Kalimantan sangat banyak dan beragam.

“Kita juga akan mengundang 3.000 peserta tax amemsty yang di sini masih rendah, padahal yang namanya batu bara, kelapa sawit, minyak di sini adalah tambang dan tempatnya di Kalimantan,” ujar Presiden Joko Widodo.

Oleh sebab itu, dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Timur akan dimanfaatkan oleh Presiden Joko Widodo untuk mensosialisasikan tax amnesty kepada masyarakat dan para pelaku usaha yang ada di Kalimantan.

“Kita akan mengajak masyarakat dunia usaha dan masyarakat untuk ikut tax amnesty,” ucapnya.

Rencanya Presiden Joko Widodo akan kembali melakukan sosialisasi program pengampunan pajak atau tax amnesty periode kedua. Sosialisasi tersebut dijadwalkan akan digelar pada Senin, 5 Desember 2016, di Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall.