Keragaman budaya, kuliner, kerajinan, dan pakaian bisa menjadi sarana dan promosi ampuh mengenalkan Indonesia di negara sahabat tempat para duta besar bertugas.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Selasa (14/3/2017( bersilaturahim dengan Duta Besar Luar Biasa Dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) Perempuan dan Para Istri Duta Besar LBPP RI. Kegiatan tersebut digelar di Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pukul 10.00 WIB.
Duta Besar Perempuan yang hadir adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Slowakia Adiyatwidi Adiwoso, Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia RA Esti Andayani.

Ibu Iriana yang mengenakan kebaya orange menyambut dengan hangat kedatangan para tetamu. Tak lupa Iriana mengucapkan selamat atas pelantikan sejumlah Duta Besar LBPP RI untuk negara sahabat. “Saya ucapkan selamat atas dilantiknya kemarin siang jam 14.00, Duta Besar Indonesia untuk negara-negara yang ditunjuk,” ujar Ibu Iriana.

Ibu Iriana pun berpesan agar para Duta Besar dan istri-istri yang mendampingi dapat bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. “Semoga istri-istri Duta Besar dan juga, ada tiga Ibu Duta Besar, semoga dalam bertugas bisa mengemban amanah apa yang kita jalankan,” ungkapnya.
istri dubes 2

Salah satu tugas yang disinggung Ibu Iriana adalah mempromosikan sekaligus melestarikan budaya serta kerajinan khas Indonesia di negara tempat penugasan. “Jangan melupakan ciri khas Indonesia, pakaiannya, juga makanannya, banyak sekali yang bisa kita tampilkan di negara lain,” ucap Ibu Iriana.

Ibu Iriana pun menyampaikan apresiasinya terhadap para istri maupun Ibu Duta Besar yang tak sungkan menggunakan pakaian adat khas Indonesia dalam setiap acara yang dihadiri dirinya dan Presiden Joko Widodo.

“Saya kagum biarpun di negara lain tapi di Indonesia-nya tetap kita pakai dan tidak kita lupakan, biarpun kadang lari-lari ya bu, pakai kain lari-lari, tapi saya salut dan bangga bisa dengan gesit mendampingi saya,” ujar Ibu Iriana.

istri dubes 3

Dalam kesempatan tersebut, Iriana juga mempersilahkan Duta Besar Perempuan dan para istri Duta Besar LBPP RI untuk berbagi pengalaman. Salah satunya adalah Ibu Dewiyanti Djumala yang merupakan istri dari Duta Besar LBPP RI untuk Austria, Darmansjah Djumala.

“Kami tambah ilmu, tambah pengalaman dan wawasan karena kita bertemu dengan beberapa orang di negara setempat dan negara lain, juga bisa menambah bahasa. Kadang di satu negara bahasa bisa beda-beda,” ujar Dewiyanti seraya menceritakan pengalamannya saat mendampingi sang suami menjadi Duta Besar LBPP RI untuk Polandia.

Tak hanya sampai disitu, obrolan hangat pun berlanjut mulai dari pakaian, makanan, hingga bumbu dapur. Ibu Iriana tak lupa berpesan agar para Duta Besar LBPP RI dan para istri dapat mempersiapkan dengan matang segala kebutuhan yang diperlukan. “Siap-siap bumbu dapur bu, karena sekarang kan bumbu dapur ada kemasannya. Tidak masalah apa makannya, kita menyesuaikan di negara yang ditempati,” ucap Ibu Iriana.

istri dubes 6

Usai berbagi pengalaman, Iriana mengajak para tamu undangan untuk meninjau pameran sejumlah produk Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang berada di Sayap Kanan Gedung Induk. Acara silaturahim ditutup dengan makan siang bersama sambil diiringi hiburan musik ‘Degung Sunda’.

Turut hadir mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, di antaranya Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, sejumlah istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) serta Ibu Euis Saedah selaku Sekretaris Jenderal Dekranas.