Dalam setiap kunjungan, Presiden hampir selalu mengunjungi pasar dan tempat perbelanjaan sekaligus menyapa masyarakat.
Seusai  menghadiri puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) 2016, Presiden Joko Widodo bersama  Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan putra putrinya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep mengunjungi Kebun Raya Cibodas .

Lokasi ini berada di kaki gunung Gede Pangrango. Berketinggian 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut dan bersuhu udara rata-rata 20°C, Kebun Raya Cibodas menjadi tujuan wisata favorit.
Di tempat sejuk dengan lanskap alami ini, Presiden dan keluarga menikmati keindahan dan kesejukan alam sambil menaiki kereta wisata.  Air terjun Cibodas, koleksi tanaman kantung semar, koleksi tanaman lumut dan paku-pakuan menjadi tempat  yang  disinggahi  Presiden dan keluarga.
Dalam perjalanan kembali menuju Istana Cipanas, Presiden  menyempatkan diri  mengunjungi  factory outlet di kawasan Cipanas. Masyarakat  yang tidak menyangka  sosok Presiden berada di tengah mereka  spontan  menyambut antusiasi . Presiden  dengan senang hati melayani permintaan warga yang ingin berfoto sambil memilih pakaian.

Setelah kembali ke Istana Cipanas, Presiden langsung mengenakan t-shirt pilihannya yang berwarna abu-abu dengan sedikit garis orange serta abu-abu.

Sesudah melaksanakan shalat Ashar, tidak lantas membuat Presiden langsung beristirahat. Bersama dengan Kaesang, Presiden  berjalan kaki menuju Pasar Cipanas  membeli beberapa kebutuhan berbuka puasa. Warga yang antusias pun menyambut Presiden dan meminta foto bersama. Di sana, Presiden  membeli  jeruk , mangga, dan tak lupa singgah di kios penjual udang kering ebi dan ayam goreng.

Ada yang sedikit unik ketika Presiden Joko Widodo berbelanja, di sela-sela melayani permintaan foto, Presiden bertemu  ibu  hamil yang meminta untuk foto bersama. Saat itu Presiden turut mendoakan agar ibu dan bayi yang dikandungnya diberikan keselamatan hingga proses kelahirannya.

Presiden bersama Kaesang  pun kembali ke Istana Cipanas dengan berjalan kaki. Seperti  masyarakat biasa juga butuh istirahat untuk menghilangkan kejenuhan. Tapi, kecintaan Presiden Joko Widodo terhadap rakyat kecil  tak pernah surut. Di tengah liburannya, Presiden tetap  menyempatkan diri  bertemu dengan masyarakat luas  dan berbelanja semua kebutuhannya sendiri.