Dua puluh dua negara berkompetisi, bertukar ilmu, dan pengalaman dalam ajang 13th International Mathematics and Science Olympiade di Tangerang, Indonesia.

Semakin banyak calon pakar matematika dan sains di dunia, maka kemajuan umat manusia di dunia makin cerah sebab matematika dan sains adalah kerangka utama dari banyak kemajuan dan inovasi. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan pada Pembukaan 13th _International Mathematics and Science Olympiade_ (IMSO) di Hotel Allium Tangerang, Rabu 9 November 2016.

Di awal sambutannya, Presiden merasa sangat bangga, melihat wajah-wajah anak-anak muda yang merupakan bibit-bibit, calon-calon pakar matematika dan sains dunia, hadir di IMSO.

Selain itu, Presiden mengingatkan kepada para delegasi yang berasal dari 22 negara, esensi ilmu pengetahuan adalah agar dapat bermanfaat bagi kebaikan bersama. “Jangan hanya disimpan di kepala masing-masing, jangan hanya untuk pintar sendiri, dan jangan hanya untuk kejayaan pribadi,” kata Presiden.

Memang terdapat perebutan medali, tetapi Presiden mengingatkan, ada yang lebih penting, yakni setelah berkompetisi di ajang olimpiade ini dan kembali ke negaranya masing-masing, para peserta harus memiliki perspektif yang semakin terbuka dan pengetahuan yang semakin luas. “Sebab di IMSO berkumpul delegasi dari 22 negara yang semuanya dapat saling bertukar pikiran, bertukar ilmu, bertukar pengalaman,” imbuh Presiden.

MATEMATIKA 2

Oleh karenanya Presiden berpesan agar para peserta menjadikan IMSO sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan, membagi pengalaman, memperkuat rasa percaya diri, mempertebal rasa kemanusiaan, dengan semangat berbagi ilmu pengetahuan antar delegasi.

“Saya juga minta agar kompetisi yang dijalankan adalah kompetisi yang positif dan menjunjung tinggi sportifitas. Sekali lagi saya tekankan bahwa yang paling penting adalah Saudara semua pulang dari sini dengan pengalaman berharga dan makin kaya dengan pengetahuan,” ucap Presiden.

Turut hadir dalam pembukaan IMSO ke-13 ini adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Plt Gubernur Banten Nata Irawan, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Vice Chairman of Executive Board Committee of IMSO Simon Chua.