Dikemas apik dengan menyisipkan unsur komedi, teater kebangsaan Tripikala memberi pesan kuat soal persatuan, keragaman, kemajemukan, dan kebhinekaan Indonesia.

Presiden Joko Widodo  menyaksikan Pagelaran Teater Kebangsaan “Tripikala” pada Senin petang, 23 Januari 2017, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pagelaran tersebut dihelat dalam rangka perayaan ulang tahun Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Usai menyaksikan pagelaran, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden RI ke-5 tersebut. “Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ibu Megawati Soekarnoputri yang ke nol tujuh (07). Semoga beliau selalu diberikan umur panjang, selalu diberikan kesehatan yang baik oleh Allah SWT, dan terus bisa menginspirasi kita untuk terus melakukan hal-hal yang baik, yang paling baik untuk bangsa dan negara,” ucap Presiden Joko Widodo di hadapan para jurnalis.

ultah mega 4

Dalam sambutannya, Megawati yang lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947, mengatakan banyak yang bertanya apa yang diinginkan olehnya saat merayakan ulang tahun. Menjawab pertanyaan banyak orang, Megawati menyatakan, selama ini ia telah hadir di panggung politik.

“Tapi kok saya nggak punya panggung seni? Makanya saya ngobrol dengan mas Butet, daripada kalau kita berpolitik di negara yang kita cintai ini kayaknya tegang terus,” ucap Megawati.

Presiden Joko Widodo sendiri menyampaikan, banyak pesan yang terkandung dalam pagelaran tersebut. Salah satunya mengingatkan kembali tentang pentingnya persatuan, keragaman, kemajemukan dan kebhinnekaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Saya kira pesan-pesan itu yang tadi disampaikan di dalam pertunjukan dan juga tetap mendahulukan kepentingan negara, kepentingan rakyat di atas kepentingan yang lain-lain. Saya kira pesan itu yang sangat kuat sekali disampaikan dalam pertunjukan tadi,” terang Presiden Joko Widodo.

ultah mega 5

Tidak hanya pesan, pagelaran teater tersebut juga dikemas dengan menyisipkan unsur komedi di sepanjang pertunjukkan. Bahkan Presiden Joko Widodo mengakui dirinya turut dibuat tertawa dari awal hingga akhir pertunjukan.

“Sudah kehabisan saya, sudah kehabisan energi untuk tertawa karena dari awal sudah habis semuanya,” imbuh Presiden.

Pagelaran Teater Kebangsaan “Tripikala” disutradai oleh Agus Noor dan Djaduk Ferianto sebagai penata musik. Beberapa pemerannya dimainkan oleh Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Arie Keriting, Edo Kondologit, Happy Salma, Endah Laras dan Sruti Respati.