Piala Presiden 2017 telah berakhir semalam. Presiden melihat manajemen penyelenggaraan semakin baik dan rapi.

Turnamen Sepakbola Piala Presiden 2017 telah menyelesaikan babak final pada Minggu (12/3/2017). Arema FC keluar sebagai juara pertama Piala Presiden 2017 setelah unggul telak melawan Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan skor 5-1.

Atas kemenangan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang dan seluruh pihak yang turut berperan mendukung terselenggaranya Piala Presiden 2017. “Selamat atas kemenangan Arema dan kepada seluruh insan sepakbola, kepada Bapak Ketua Umum PSSI atas penyelenggaran yang baik Piala Presiden,” ujar Presiden kepada para jurnalis usai menonton pertandingan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat.

Kepala Negara pun berharap agar Turnamen Piala Presiden 2017 menjadi momentum kebangkitan persepakbolaan nasional yang lebih profesional dan mempersatukan. “Kita harapkan ini juga menjadi salah satu momentum untuk bisa kita ambil, momentum kebangkitan sepakbola Indonesia,” ungkapnya.

piala presiden 3

Oleh karena itu, Presiden menyatakan akan terus menggelar turnamen serupa di masa mendatang. Mengingat kualitas pertandingan yang digelar semakin baik sesuai dengan harapan masyarakat. “Semakin baik, semakin rapi, manajemen penyelenggaraannya saya lihat semakin terus disempurnakan,” ucap Presiden.

Pada Minggu malam, 12 Maret 2017, ribuan suporter hadir untuk menyaksikan pertandingan antara Pusamania Borneo FC (PBFC) berhadapan dengan Arema FC. Tercatat 20.068 penonton hadir memadati Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, tempat berlangsungnya laga final Piala Presiden 2017.

Tiba sekitar pukul 19.00 WIB, Presiden Joko Widodo langsung menuju tempat duduk yang telah disediakan. Bersama dengan ribuan penonton lainnya, Kepala Negara menyaksikan pertandingan sejak dimulainya kick off babak pertama. Tim Arema FC yang berjuluk ‘Singo Edan’ berhasil menguasai babak pertama dengan skor 3-0.

piala presiden 2

Di babak kedua, Arema FC menambah dua gol dan PBFC hanya dapat membalas satu gol. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan berbunyi, skor 5-1 untuk Arema FC. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa Arema FC keluar sebagai juara pertama Piala Presiden 2017.

Atas kemenangan tersebut, Arema FC berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp3 miliar yang telah disiapkan Panitia Piala Presiden 2017 untuk pemenang pertama. Turut hadir mendampingi Presiden menyaksikan laga final Piala Presiden 2017, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan Ketua SC Piala Presiden Maruarar Sirait.